Teknologi Pendidikan UNESA

Kompetensi Lulusan

Kurikulum pendidikan tinggi adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai isi, bahan kajian, maupun bahan kuliah serta cara penyampaiannya, dan penilaian yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran di perguruan tinggi. Kurikulum seharusnya memuat standar kompetensi lulusan yang terdiri dari SKL ranah sikap, SKL ranah keterampilan umum, SKL ranah pengetahuan, SKL ranah keterampilan khusus. Kurikulum harus dirancang berdasarkan relevansinya dengan visi misi dan standar kompetensi lulusan. Secara rinci kompetensi yang harus dikuasai lulusan Prodi TP adalah:

SKL Ranah Sikap

Setiap lulusan program pendidikan akademik, vokasi, dan profesi di lingkungan Universitas Negeri Surabaya harus memiliki sikap sebagai berikut:

  1. Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika
  3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila
  4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada Negara dan bangsa
  5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain
  6. Bekerja sama dan memiliki kepekaan social serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
  7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara
  8. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
  9. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
  10. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan
  11. Mewujudkan karakter “Iman, Cerdas, mandiri, Jujur, Peduli, dan Tangguh” dalam perilaku keseharian
  12. Mempunyai ketulusan, komitmen, kesungguhan hati untuk mengembangkan sikap, nilai, dan kemampuan peserta didik. (khusus untuk prodi kependidikan)

SKL Ranah Keterampilan Umum

Untuk program Sarjana (S1) di lingkungan Universitas Negeri Surabaya wajib memiliki ketrampilan umum sebagai berikut:

  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
  3. Mampu mengaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain, atau kritik seni
  4. Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi
  5. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya berdasarkan hasil analisis informasi dan data
  6. Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, dan sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya
  7. Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya
  8. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri
  9. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan serta mencegah plagiasi

Pengetahuan

  1. Menguasai konsep teoritis teknologi pendidikan dalam rangka mengoptimalkan proses belajar peserta didik dan meningkatkan kinerja
  2. Menguasai konsep teoretis analisis pendidikan dan pelatihan dalam rangka memfasilitasi belajar
  3. Menguasai konsep teoretis pengembangan proses dan sumber belajar dalam rangka memfasilitasi belajar
  4. Menguasai konsep teoretis pengelolaan proses dan sumber belajar dalam rangka memfasilitasi belajar
  5. Menguasai konsep teoretis penggunaan media dan sumber belajar dalam rangka memfasilitasi belajar
  6. Menguasai konsep teoretis sebagai dasar melakukan identifikasi peserta didik dalam rangka mengembangkan program pendidikan dan pelatihan
  7. Menguasai konsep teoretis sebagai dasar melakukan analisis kebutuhan dalam rangka mengembangkan program pendidikan dan pelatihan
  8. Menguasai konsep teoretis sebagai dasar melakukan monitoring dan evaluasi dalam pengembangan program pendidikan dan pelatihan
  9. Menguasai konsep teoretis teknologi pendidikan dan analisis pendidikan dan pelatihan serta melakukan pembuktian secara empirik

Ketrampilan Khusus

  1. Mampu menciptakan proses dan sumber untuk memfasilitasi belajar
  2. Mampu menciptakan proses dan sumber untuk meningkatkan kinerja
  3. Mampu mengelola proses dan sumber untuk memfasilitasi belajar
  4. Mampu mengelola proses dan sumber untuk meningkatkan kinerja
  5. Mampu menggunakan proses dan sumber untuk memfasilitasi belajar
  6. Mampu menggunakan proses dan sumber untuk meningkatkan kinerja
  7. Mampu menganalisis kebutuhan dan merumuskan kompetensi program pendidikan dan pelatihan
  8. Mampu mengidentifikasi karakteristik peserta program pendidikan dan pelatihan
  9. Mampu menyusun intrumen penilaian program pendidikan dan pelatihan
  10. Mampu mengembangkan strategi pelatihan program pendidikan dan pelatihan
  11. Mampu memilih dan mengembangkan bahan-bahan pendidikan dan pelatihan
  12. Mampu melakukan penilaian proses dan hasil pendidikan dan pelatihan

Strategi yang digunakan Prodi TP Unesa untuk mencapai kompetensi di atas adalah melengkapi fasilitas perkuliahan, melengkapi fasilitas laboratorium, melengkapi bahan pustaka, dan meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris. Dosen pengampu mata kuliah diwajibkan menggunakan minimal 1 buku rujukan utama yang berbahasa Inggris.
Target yang merupakan indikator keberhasilan adalah:

  1. Setiap mata kuliah minimal tersedia satu buku teks berbahasa Inggris, salah satunya dijadikan buku rujukan utama.
  2. Lulusan minimal mempunyai score TOEFL 400.