Teknologi Pendidikan UNESA

Sejarah

Program studi S-1 Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya berdiri sejak September 1982. Keberadaannya dimulai sejak beralihnya nama Jurusan Pendidikan Umum menjadi Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan IKIP Surabaya, yang salah satu program studi di jurusan tersebut adalah program studi S-1 Teknologi Pendidikan. Saat ini program studi S-1 Teknologi Pendidikan berada dalam lingkup Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya.
Secara umum kinerja program studi dilaksanakan dengan monitoring dan evaluasi diri yang dilakukan oleh Universitas Negeri Surabaya dan pada tahun 2010 mendapatkan status akreditasi B dengan skor 312 dari Badan Akreditasi Nasional untuk Perguruan Tinggi. Dewasa ini Prodi TP Unesa selalu berbenah diri dan berupaya menghasilkan lulusan-lulusan terbaik dan berdaya-saing tinggi. Keberhasilan yang telah tercapai tidak menurunkan motivasi Prodi untuk selalu meningkatkan diri, sebaliknya keberhasilan yang dicapai sebagai daya dorong untuk mencapai prestasi yang lebih tinggi. Demikian juga, kendala yang ada dianggap sebagai tantangan untuk lebih maju.
Upaya yang dilakukan Prodi TP Unesa untuk meningkatkan diri difokuskan pada 4 aspek, yaitu: pembelajaran, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, dan kerjasama dengan instansi lain. Upaya peningkatan di bidang pembelajaran dimaksudkan untuk menghasilkan lulusan terbaik dan berdaya saing tinggi. Peningkatan kualitas dan kuantitas penelitian diharapkan dapat memberikan sumbangan terhadap perkembangan teknologi pendidikan dan meningkatkan kualitas perkuliahan. Peningkatan kualitas dan kuantitas pengabdian kepada masyarakat dilakukan dengan menyebarluaskan hasil penelitian yang dihasilkan prodi dengan harapan dapat memberikan sumbangan pada perkembangan masyarakat dan meningkatkan eksistensi Prodi TP Unesa. Selain itu pengabdian masyarakat juga bermanfaat untuk menggali data dan informasi hal-hal yang relevan dengan permasalahan pendidikan/ pembelajaran yang diperoleh langsung dari lapangan. Upaya kerjasama dengan instansi lain dimaksudkan untuk menjalin kerjasama dalam rangka program pengalaman lapangan, dan magang bagi mahasiswa. Di samping itu juga untuk memperkenalkan mahasiswa pada dunia kerja. Kegiatan kerjasama lain adalah kegiatan penelitian, pengabdian kepada masyarakat dan pelatihan dalam bidang teknologi pendidikan.
Program Studi Teknologi Pendidikan bernaung di Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya. Karena itu, sebelum menguraikan visi dan misi Program Studi Teknologi Pendidikan (Prodi TP) perlu diuraikan visi dan misi Universitas Negeri Surabaya (Unesa) untuk mengetahui kesesuaian visi Prodi TP dengan visi Unesa. Unesa merupakan salah satu perguruan tinggi yang merupakan hasil perluasan mandat dari IKIP Surabaya. Perubahan tersebut sesuai dengan Surat Keputusan Presiden RI No. 93 tahun 1999. Dengan perubahan status dari IKIP Surabaya menjadi Universitas Negeri Surabaya (UNESA), yang semula hanya menyelenggarakan program pendidikan menjadi penyelenggara program pendidikan dan non kependidikan.
Dalam mengemban tugas tersebut, UNESA dihadapkan pada berbagai tantangan antara lain (1) laju perubahan yang begitu cepat dari berbagai sektor, (2) tuntutan masyarakat yang semakin kritis dan lebih maju. (3) dana yang sangat terbatas, dan (4) tuntutan pembangunan nasional sebagai akibat meningkatnya pendidikan dan kesejahteraan rakyat, serta kehidupan yang dipengaruhi oleh perkembangan ilmu, teknologi dan seni.
Dalam menghadapi hal tersebut, FIP UNESA menyusun suatu rencana strategis pengembangan FIP UNESA untuk 5 tahun kedepan yang dapat digunakan sebagai acuan untuk menyusun rencana program dan diharapkan dapat menempatkan FIP UNESA pada kedudukan yang lebih baik di masa depan sehingga mampu menghadapi tantangan dan memanfaatkan peluang dengan segala keterbatasan yang ada secara efektif dan efisien.