Teknologi Pendidikan UNESA

Sistem Pengelolaan

Sistem pengelolaan fungsional dan operasional pada Prodi TP mencakup planning, organizing, staffing, leading, controlling, serta operasi internal dan eksternal. Rencana pengembangan Prodi TP mengacu pada terwujudnya visi dan misi program studi. Sivitas akademika di lingkungan Prodi TP dikondisikan untuk mendukung terwujudnya visi dan misi tersebut dengan berpedoman kepada uraian jabatan yang ada. Uraian tugas pokok dan fungsi ketua, sekretaris jurusan, dan ketua laboratorium jurusan (dokumen tersedia).
Secara organisatoris, Prodi TP berada di bawah Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan. Namun, karena di jurusan KTP hanya ada satu program studi maka Ketua Jurusan merangkap sebagai ketua program studi. Rangkap jabatan ini didasarkan pada pertimbangan efisiensi dan efektivitas dalam menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi di lingkungan Jurusan KTP. Dalam menjalankan tugas sehari-hari, ketua dan sekretaris jurusan KTP menggunakan dasar statuta dan Rencana Bisnis Anggaran (RBA), dan pedoman lain yang terkait. Adapun pedoman kerja secara umum dalam mengelola Prodi TP adalah:

  1. Keputusan Menteri Pendidikan Nasional tentang Statuta Universitas Negeri Suabaya
  2. Buku Pedoman Akademik Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya
  3. Kurikulum Prodi TP
  4. Prosedur Operasional Standar yang dikeluarkan Universitas Negeri Surabaya

Sesuai dengan peraturan dan pedoman di atas, tugas dan layanan yang dilakukan Prodi TP antara lain:

  1. Pelayanan administrasi mahasiswa berupa: surat penunjukan dosen penasehat akademik, dosen pembimbing seminar, dosen pembimbing skripsi, dosen pembimbing Program Pengelolaan Pembelajaran (PPP) dosen pembimbing magang, dosen penguji seminar, dan dosen penguji skripsi.
  2. Penyusunan jadwal kuliah, pembagian beban mata kuliah setiap semester, pembagian dosen pengampu mata kuliah, jadwal ujian subsumatif, jadwal ujian sumatif, jadwal seminar, jadwal ujian skripsi, dan jadwal minggu efektif perkuliahan.
  3. Menyebarluaskan informasi tentang studi lanjut dan peraturan-peraturan yang berkaitan dengan studi lanjut kepada tenaga akademik, seminar atau pertemuan ilmiah baik di tingkat lokal, nasional, maupun internasional kepada dosen Prodi.
  4. Menunjuk dosen dan/atau tenaga administrasi untuk mengikuti seminar, lokakarya, atau pelatihan sesuai kebutuhan dan pengembangan program studi.
  5. Memberikan pelayanan informasi mengenai data mahasiswa berupa perkembangan kemajuan belajar, rencana studi semester berikutnya, dan berbagai informasi yang berkaitan dengan formasi kerja yang sesuai dengan program studi.
  6. Melakukan monitoring internal dan menindaklanjuti sesuai dengan batas kewenangan program studi secara bulanan, semesteran, tahunan untuk semua kegiatan yang dilakukan program studi.
  7. Memonitor perkembangan para dosen yang sedang studi lanjut setiap semester.
  8. Melakukan evaluasi semesteran (EPSBED) semua kegiatan yang dilakukan program studi sesuai dengan anjuran Direktorat Pendidikan Tinggi.

Berkaitan dengan pengelolaan keuangan, Prodi TP tidak mempunyai kewenangan mengelola keuangan sendiri. Sesuai dengan struktur dan peraturan yang ada di Fakultas Ilmu Pendidikan, pengelolaan keuangan dipegang oleh fakultas. Jurusan hanya diberi kewenangan mengajukan kebutuhan atau kegiatan sesuai dengan program kerja yang disusun jurusan. Program kerja ini mengacu kepada kegiatan dan pendukung Tri-Dharma Perguruan Tinggi. Kewenangan inipun dibatasi oleh jumlah keuangan yang dialokasikan untuk kegiatan dan kebutuhan jurusan.