20 October 2023

Upaya untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan di bidang Teknologi Pendidikan, Program Studi S1, S2, dan S3 Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya menggelar lokakarya pengembangan kurikulum. Lokakarya ini diadakan dengan tujuan untuk merancang kurikulum yang responsif terhadap perkembangan terkini dalam teknologi pendidikan, serta memastikan bahwa lulusan program studi ini siap menghadapi tuntutan dunia kerja yang semakin dinamis.Acara yang berlangsung selama tiga hari ini dihadiri oleh para dosen dan tenaga pengajar dari berbagai jenjang pendidikan, baik tingkat S1, S2, maupun S3. Lokakarya ini diinisiasi sebagai bentuk komitmen Program Studi Teknologi Pendidikan dalam memberikan kontribusi nyata dalam pengembangan sumber daya manusia di bidang pendidikan.Dr. Utari Dewi, S.Sn., M.Pd., Koordinator Program Studi S1 Teknologi Pendidikan, menyampaikan pembukaan lokakarya dengan menggarisbawahi pentingnya mengikuti perkembangan terkini dalam dunia pendidikan dan teknologi. Beliau menyatakan, "Lokakarya ini merupakan langkah awal untuk merumuskan kurikulum yang relevan dengan kebutuhan dunia pendidikan masa kini. Dengan kolaborasi dan pemikiran yang inovatif, kami berharap dapat menciptakan lulusan yang mampu menjadi pemimpin dalam mengimplementasikan teknologi pendidikan."Para peserta lokakarya terbagi dalam beberapa kelompok diskusi yang masing-masing fokus pada tingkat pendidikan yang berbeda, yaitu S1, S2, dan S3. Setiap kelompok memiliki tugas untuk menganalisis kurikulum yang sudah ada, mengevaluasi kekurangan yang mungkin ada, dan merumuskan rekomendasi perubahan yang perlu dilakukan.Ketua Panitia Lokakarya, Dr. Utari Dewi, S.Sn., M.Pd., menyampaikan, "Kami berharap lokakarya ini dapat memberikan sumbangan yang berarti dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Program Studi Teknologi Pendidikan. Kami juga berterima kasih kepada para narasumber dan peserta yang telah aktif berpartisipasi dalam acara ini."Lokakarya pengembangan kurikulum ini diharapkan dapat menjadi tonggak penting dalam pengembangan Program Studi Teknologi Pendidikan menuju kurikulum yang lebih relevan, adaptif, dan berorientasi pada kebutuhan masyarakat dan industri. Penulis: Atan Pramana