23 March 2024


Rektorat Universitas Negeri Surabaya
Unesa.ac.id., SURABAYA—Pendaftaran Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT) untuk Tes Tulis Berbasis Komputer (UTBK) sudah dibuka pada Kamis, 21 Maret 2024. Sesuai jadwal, seleksi tersebut dibuka hingga 5 April 2024. sama dengan tahun sebelumnya, UTBK tahun ini dilaksanakan di 72 pusat UTBK, salah satunya Universitas Negeri Surabaya (UNESA).
Kepala Subdirektorat Penerimaan dan Kelulusan Mahasiswa UNESA, Dr. Sukarmin, M.Pd., menuturkan bahwa kampus 'Rumah Para Juara' selain sebagai pelaksana UTBK, juga sebagai salah satu perguruan tinggi negeri atau PTN favorit setiap tahunnya.
Posisi UNESA dalam UTBK-SNBT yaitu sebagai PTN Akademik yang memiliki 78 prodi sarjana akademik (S-1) yang tersedia dan bisa dipilih pendaftar. Selain itu, juga sebagai PTN yang memiliki 10 prodi sarjana terapan (D-4).
"Total prodi yang bisa dipilih di UNESA yaitu 88 prodi. Rinciannya 78 prodi sarjana akademik dan 10 prodi sarjana terapan. Daya tampung UNESA jalur ini yaitu sebanyak 44 persen," ucap dosen Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) itu.
Dia menambahkan, mengenai daftar keseluruhan prodi dan fakultas yang ada di UNESA termasuk kuota penerimaan bisa mengunjungi laman admisi.unesa.ac.id atau laman SNPMB, https://snpmb.bppp.kemdikbud.go.id dengan cara memilih menu UTBK-SNBT, lalu klik PTN SNBT, dan cari UNESA dengan kode 383.
Terkait pendaftaran UTBK, Sukarmin menyarankan peserta kategori umum atau di luar peserta SNBP 2024 agar mempersiapkan diri dan persyaratan untuk mendaftar dari sekarang. Sementara bagi peserta SNBP 2024 bisa menunggu pengumuman terlebih dahulu.
Bagi peserta SNBP yang belum beruntung bisa mendaftar lagi di jalur UTBK-SNBT. Sementara peserta yang nanti dinyatakan lolos jalur SNBP 2024 tidak boleh mendaftar lagi di jalur UTBK-SNBT.
UTBK-SNBT tahun ini memberikan kesempatan kepada peserta untuk memilih 1 hingga 4 prodi, baik itu prodi sarjana akademik maupun sarjana terapan. Adapun ketentuannya sebagai berikut:Bagi yang memilih 1 prodi bisa memilih program manapun, bisa prodi sarjana akademik, sarjana terapan atau diploma.Bagi yang memilih 2 prodi, juga bisa memilih program manapun, bisa prodi sarjana akademik, sarjana terapan atau diploma.Bagi yang memilih 3 prodi, ketentuannya, bisa memilih 2 prodi sarjana akademik dan 1 program vokasi (sarjana terapan D-4 atau D-3), atau bisa sebaliknya, 2 program vokasi, 1 program sarjana akademik.Bagi yang memilih 4 prodi, ketentuannya bisa memilih 2 prodi sarjana akademik dan 2 prodi sarjana terapan (harus ada minimal 1 program diploma tiga atau D-3).Sebelum melakukan pendaftaran, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan di antaranya terkait pemilihan prodi yang harus disesuaikan dengan kemampuan, minat-bakat atau rencana karir peserta ke depan. Dianjurkan juga untuk mencari tahu kuota penerimaan dan tingkat persaingan prodi yang dipilih.
Pemilih prodi Olahraga, Seni dan Desain wajib mengunggah portofolio. Bagi pendaftar disabilitas bisa menyiapkan surat pernyataan yang ditandatangani kepala sekolah di atas meterai dan stempel sekolah.
Disarankan segera mendaftar alias tidak mendaftar mepet penutupan. Lalu, pilihlah lokasi tes yang terdekat, mudah diakses dan dijangkau. Jangan lupa untuk memperhatikan tanggal penting seperti waktu dan ketentuan pendaftaran. “Paling penting persiapan diri dengan belajar, latihan soal, dan berdoa,” pesan Sukarmin. [HUMAS UNESA]