08 May 2024


Pimpinan UNESA dan UTM sharing dan diskusi seputar pendirian Fakultas Kedokteran (FK) dari awal hingga mendapatkan sejumlah rekomendasi pembukaan dan pendirian.
Unesa.ac.id., SURABAYA—Komitmen dan keberhasilan kampus 'Rumah Para Juara' mendirikan Fakultas Kedokteran (FK) tahun lalu itu dilirik berbagai perguruan tinggi lain, salah satunya Universitas Trunojoyo Madura (UTM) yang melakukan benchmarking di UNESA pada Rabu, 8 Mei 2024.
Rombongan studi banding UTM yang dipimpin langsung Rektor, Dr. Safi, S.H., M.H., ini disambut Wakil Rektor II Bidang Ketatalaksanaan, Keuangan, Sumber Daya dan Usaha, Dr. Bachtiar Syaiful Bachri, M.Pd., dan jajarannya di Ruang Pertemuan, Gedung FK, Kampus 2 Lidah Wetan.
Wakil Rektor Bidang II UNESA menyambut jajaran pimpinan UTM di Gedung FK Kampus 2 Lidah Wetan.
Dekan FK UNESA, Dr. dr. Endang Sri Wahjuni, M.Kes., menyambut baik kunjungan untuk sharing pendirian FK tersebut. Persiapan yang dilakukan UNESA tentu membutuhkan proses, mulai dari penyiapan infrastruktur, kerja sama dengan sejumlah rumah sakit, SDM, hingga kurikulum pendidikan.
"Kita siapkan boran yang diajukan ke pusat. Nanti itu akan dicek atau divisitasi oleh asesor baik dari Kemenkes dan LAM-PTKes untuk mendapatkan rekomendasi kelayakan dan akreditasi awal pembukaan prodi," bebernya.
Jajaran pimpinan UNESA dan UTM mengabadikan momen kunjungan sebelum meninjau sejumlah laboratorium dan fasilitas FK UNESA.
Persiapan ini termasuk pengadaan ruang kelas, ruang OSCE, ruang penyimpanan bahan, dan fasilitas lainnya yang harus sesuai dengan standar yang ditetapkan Konsil Kedokteran Indonesia (KKI). Semua tahapan ini menuntut ketelitian, kesabaran, dan keterlibatan SDM berkualitas.
Rektor UTM (kiri) dan Wakil Rektor II UNESA (kanan) meninjau sejumlah laboratorium dan fasilitas yang ada di FK UNESA.
Selama kunjungan tersebut, para delegasi dari UTM mengunjungi laboratorium FK UNESA untuk mengetahui standar laboratorium yang direkomendasikan LAM-PTKes. Visitasi ruangan ini didampingi dr. Nieke Andina Wijaya, M.Biomed., Sp.KK selaku Ketua Laboratorium FK UNESA.
Dekan FK menyampaikan kebanggaannya karena FK UNESA dipilih sebagai rujukan oleh Kemenkes untuk UTM. Meskipun terdapat universitas lain di Jawa Timur yang lebih senior, FK UNESA dianggap mumpuni oleh Kemenkes untuk menjadi mitra benchmarking bagi UTM.[]
***
Reporter: Salsabila Condro Wati (FBS)
Editor: @zam*
Foto: Dokumentasi Tim Humas