08 May 2024


Unesa.ac.id. SURABAYA—Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) dan Universitas Negeri Surabaya (UNESA) menandatangani Perjanjian Kerja Sama (PKS) program Praktisi Mengajar (PM) angkatan 4 tahun 2024.
Penandatanganan PKS yang dihadiri langsung oleh Wakil Rektor Bidang Akademik, Kemahasiswaan, dan Alumni UNESA, Prof. Dr. Madlazim, M.Si., dan jajarannya ini berlangsung di Ballroom Graha Utama, lantai 3, Gedung A, Kemendikbudristek, Jakarta Pusat, pada Selasa, 7 Mei 2024.
Prof. Madlazim mengatakan bahwa PKS tersebut dihadiri seluruh jajaran pimpinan perguruan tinggi pelaksana atau yang lolos program PM, salah satunya UNESA yang pada angkatan ini menduduki peringkat 2 nasional sebagai kampus dengan jumlah kolaborasi dan praktisi terbanyak.
"Program ini segera bergulir. Jadinya, kami dari perguruan tinggi pelaksana program tadi melakukan tanda tangan PKS sebagai bentuk komitmen bersama untuk menjalankan dan mensukseskan program PM angkatan 4 2024," ucap guru besar Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) itu.
Wakil Rektor Bidang I itu melanjutkan, keterlibatan UNESA menyukseskan MBKM, termasuk dalam program PM terus mengalami peningkatan kinerja dari tahun ke tahun. Pun, berbagai capaian memperlihatkan tren yang sangat bagus.
Pada program PM angkatan 4 ini, UNESA dinobatkan sebagai perguruan tinggi akademik dengan capaian kolaborasi, praktisi, mata kuliah, dan dosen pengampu terbanyak kedua nasional.
Adapun rinciannya yaitu, jumlah kolaborasi atau RKK UNESA mencapai 429, jumlah praktisi di angka 344, jumlah mata kuliah di angka 259, dan memiliki 145 dosen pengampu mata kuliah praktisi mengajar.
"Capaian UNESA ini sangat membanggakan. Dan, terjadi lompatan yang begitu jauh dari angkatan sebelumnya di mana UNESA berada di peringkat 12 nasional. Ini bukti kinerja seluruh jajaran pimpinan dan seluruh civitas kampus Rumah Para Juara," ucapnya.
Berbagai capaian tersebut menjadi motivasi bagi seluruh jajaran pimpinan dalam meningkatkan kinerja dan memberikan yang terbaik untuk peningkatan kualitas pelaksanaan tridarma perguruan tinggi di UNESA melalui optimalisasi program MBKM.
Arah dari semua ini yaitu untuk memberikan kesempatan dan memastikan mahasiswa bisa belajar dan mengembangkan kemampuan serta kompetensinya secara luas bersama pakar dan dosen serta para praktisi. Diharapkan ketika selesai dari kampus, mahasiswa bisa langsung unjuk kemampuan dan kreativitas di dunia usaha dan industri.[*]
***
Reporter: Muhammad Azhar Adi Mas’ud (FBS)
Editor: @zam*
Foto: Dokumentasi tim Bidang I UNESA