2900 Mahasiswa Ikuti Grand Opening TQQ

Surabaya- Unit Kegiatan Kerohanian Islam (UKKI) Unesa mengadakan kegiatan Taklimul Qiroatil Quran (TQQ). Grand Opening TQQ yang diadakan di masjid Baitul Makmur Unesa diikuti 2900 mahasiswa pada Sabtu, 25 Februari 2017. Grand opening itu juga menandai dimulainya kegiatan membaca Alquran yang akan berlangsung selama 1 semester.

Miftachur Rozi Ainurrochim, Ketua Pelaksana TQQ mengatakan, kegiatan tersebut rutin diadakan setiap semester sejak tahun 1990-an. Tahun 2017 ini, peserta yang mengikuti kegiatan TQQ mencapai 2900 untuk wilayah Ketintang. "Untuk wilayah Lidah Wetan akan dilakukan di semester ganjil," ujar mahasiswa kelahiran Jombang tersebut.

Rozi menambahkan, mekanisme TQQ dibagi menjadi 4 kelas yang dikelompokkan berdasarkan kemampuan peserta. Untuk pemilihan tentor TQQ diambilkan dari lulusan peserta TQQ tahun lalu yang sudah mahir dan mendaftar pada program Training of Tentor (TOT), yang selanjutnya diuji oleh lembaga Nurul Falah sehingga layak menjadi pengajar. "Mereka mengajar dengan sukarela," ungkapnya.

Rozi menjelaskan, selaras dengan tema grand opening yaitu Satu Ayat Berjuta Manfaat untuk Kemaslahatan Umat di Dunia dan Akhirat diharapkan TQQ mampu mencetak mahasiswa lebih cinta dengan Alquran, lebih dekat dengan Alquran dan lebih mendalami Alquran. (emir/sir)