ITS Gelar Festival Animasi Untuk SMK dan Umum

11 Feb 2013

Sumber Foto : edukasi.kompas.com
Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya menggelar Festival Animasi 2013 untuk pelajar SMK dan umum di Surabaya pada 12-17 Februari.

"Kalau kita cek wikipedia, maka kita akan tahu bahwa wayang adalah akar dari animasi, karena ada cerita, narasi, musik," kata ketua panitia Festival Animasi (FA) 2013 Bambang Widjanarko di Surabaya, Minggu (10/2/2013).

Oleh karena itu, kata mahasiswa Pascasarjana Teknologi Game ITS itu, kemampuan budaya itu harus dikembangkan dengan teknologi motion capture. "Teknologi game itu ada unsur art dan unsur multimedia," katanya.

Didampingi Kepala Badan Pembinaan Kemahasiswaan ITS Dr Bambang Sampurno, ia menjelaskan sumberdaya manusia Indonesia "teknologi game" juga tidak kalah dari bangsa lain.

"Kekurangan kita adalah kurang percaya diri dan kurang bisa menghargai karya sendiri. Contohnya, banyak ’game’ atau ’kartun’ yang dibeli bangsa lain, lalu kita beli lagi, seperti Upin Ipin," katanya.

Padahal, katanya, potensi animasi ke depan cukup besar dan menantang untuk permainan, desain laman, industri, dunia pendidikan, film, dan sebagainya. "Kalau soal cerita, kita justru memiliki banyak," katanya.

Oleh karena itu, ITS menggelar Festival Animasi 2013 untuk mengenalkan "teknologi motion capture" dan mengembangkan animasi khas Indonesia, sebab animasi dari negara lain hanya mengajarkan kekerasan.

"Misalnya, Doraemon, Sinchan, Donald Duck, dan sebagainya. Padahal, teknologi motion capture bisa membuat animasi berdurasi lima menit akan selesai kurang dari seminggu, bukan enam bulan. Motion capture itu hanya gambar orang bergerak yang ditempeli tokoh kartun," katanya.

Menurut dia, FA 2013 akan diikuti 1.100 peserta dari Surabaya, Yogyakarta, Solo, Bandung, dan sebagainya. "Semua peserta akan terlibat dalam lomba, workshop, dan permainan animasi di lokasi," katanya.

Ia menambahkan pihaknya sudah mengawali FA 2013 dengan sosialisasi sejak November 2012 hingga Januari 2013 ke sejumlah SMK/SMA dan kuliah tamu pada sejumlah universitas yang memiliki jurusan multimedia.

"Peserta yang akan menampilkan hasil karya animasinya atau mengikuti workshop merupakan hasil seleksi yang dilakukan dewan juri hingga seminggu menjelang FA 2013 pada 12-17 Februari," katanya.

Dalam waktu bersamaan, Teater Tiyang Alit ITS Surabaya menjadi tuan rumah Festival Teater Mahasiswa Nasional (Festamasio) 2013 yang diikuti 19 teater mahasiswa se-Indonesia di Graha ITS pada 8-14 Februari.

Sementara itu, UKKI Universitas dr Soetomo (Unitomo) Surabaya juga menggelar Festival Hadrah dan Shalawat untuk pelajar SMA se-Jatim di kampus setempat pada 10 Februari.

Sumber:edukasi.kompas.com