Padangpanjang Sepenuhnya Terapkan Kurikulum 2013

28 Jan 2013

Sumber Foto : edukasi.kompas.com
Pemerintah Kota Padangpanjang, Sumatera Barat akan menerapkan kurikulum 2013 pada sekolah dasar secara penuh atau 100 persen mulai tahun ini.

"Kita tidak ingin ada pembedaan sistem pembelajaran di sekolah dasar dengan penerapan kurikulum 2013," kata Wali Kota Padangpanjang Suri Syam di Padangpanjang, Minggu (27/1/2013).

Dia menegaskan hal tersebut menanggapi instruksi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk menerapkan 30 persen dari kurikulum 2013. "Tanggung menerapkan 30 persen, sehingga kita putuskan 100 persen," kata dia.

Sebelum menerapkan 100 persen kurikulum 2013, tenaga pengajar yang di bumi Serambi Mekkah itu akan dilatih terlebih dahulu. "Kita akan menyiapkan jadwal dalam waktu dekat ini untuk pelatihan para guru itu agar pembelajaran bisa berjalan lancar," kata dia.

Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Musliar Kasim di Padangpanjang menyebutkan, pemberlakukan kurikulum 2013 30 persen wilayah dan tidak tertutup kemungkinan lebih. "Kalau ada daerah yang bisa 100 persen seperti Padangpanjang ya silakan saja, karena penerapan 30 persen itu sifatnya minimal," kata dia.

Dia menjelaskan, kurikulum 2013 sebelumnya juga sudah ada pada Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) . Dengan adanya perubahan kurikulum di dunia pendidikan juga akan merubah pola pikir anak dalam menimbah ilmu pengetahuan. "Kurikulum 2013 ini akan mendidik anak lebih kreatif dan tidak terlalu menitik beratkan pada aspek kognitif," kata dia.

Kurikulum 2013 kata dia, juga tidak akan membuat guru menjadi sibuk dengan merancang silabus dan pola pembelajaran, sehingga efektivitas pembelajaran lebih maksimal.

Sumber:edukasi.kompas.com