DOKUMEN MUTU

Dokumen mutu FIP Unesa masih dalam proses pengembangan dan penyempurnaan. File-file dokumen mutu yang sekarang dapat diunduh oleh para pemangku kepentingan masih baru sebagian, sedangkan file-file dokumen mutu lainnya akan kami unggah setiap kali telah disahkan. Oleh karena itu silahkan para pemangku kepentingan maupun pengunjung yang berminat terhadap dokumen mutu yang kami kembangkan dipersilahkan mengunjungi halaman ini secara berkala.


Kebijakan Mutu Akademik:
Pengembangan pendidikan dan pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat didasarkan atas telaah kritis (critical appraisal) atau bukti ilmiah (evidence-based) yang mengarah ke kompetensi. Pengem¬bangan akademik di Jurusan KTP FIP Unesa mencakupsentralistik (top-down) maupun otonomi penuh (bottom-up) secara proporsional. Penyelenggaraan dan pengem-bangan Unesa mengacu pada Kerangka Pengembangan Pendidikan Tinggi Jangka Panjang (KPPTJP IV, 2003-2010) dan UU No 20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas, UU No. 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen yang menetapkan bahwa pengembangan mutu berke¬lanjutan dapat didorong dengan otonomi dalam bingkai akuntabilitas yang diaktuali¬sasikan melalui akreditasi dan dilandasi proses evaluasi diri untuk mencapai kompetensi serta kesantunan, dan PP No. 17 Tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan.

Manual Mutu Akademik:
Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Negeri Surabaya (Unesa) menerapkan penjaminan mutu akademik yang berjenjang. Pada tingkat jurusan dirumuskan kebijakan mutu akademik jurusan, standar mutu akademik jurusan, dan manual mutu akademik jurusan serta dilakukan audit mutu akademik jurusan/program studi. Pada tingkat program studi dirumuskan kompetensi lulusan dan spesifikasi program studi serta dilakukan evaluasi diri berdasarkan pendekatan Outcome Based Education (OBE). Jurusan Kurikulum dan Teknologi PendidikanFakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Unesa memilih pendekatan Facilitating, Empowering and Enabling(FEE) dan menugaskan Unit Jaminan Mutu Jurusan untuk melaksanakan peran. Pelaksanaan penjaminan mutu akademik di Jurusan KTP FIP Unesa dijelaskan secara lebih rinci dalam Manual Prosedur Implementasi Penjaminan Mutu.

Standar Mutu Akademik:
Mengacu pada Undang-Undang RI Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Undang-Undang RI Nomor 18 tahun 2002 tentang Sistem Nasional Penelitian, Pengembangan dan Penerapan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, Undang-Undang RI Nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, Peraturan Pemerintah Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan, Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2010tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan. Kerangka Pengembangan Pendidikan Tinggi Jangka Panjang (KPPJP IV, 2003-2010), dan dokumen HELTS 2003-2010 yang berisikan tiga pilar penting dalam pengembangan pendidikan tinggi yaitu peningkatan daya saing, otonomi perguruan tinggi, dan kesehatan organisasi, maka, disusun Standar Mutu Akademik untuk dijadikan pedoman dan arah bagi pelaksanaan, pengembangan serta evaluasi Tridarma Perguruan Tinggi di Jurusan KTP FIP Unesa, diharapkan dapat menunjang dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat, serta menjadikan Jurusan KTP FIP Unesa sebagai pusat layanan: penelitian, pendidikan, pelatihan, konsultasi, jasa dalam bidang pendidikan dan keilmuan ilmu pendidikan beserta terapannya.

Sasaran Mutu Akademik:
Isu terbaru yang merupakan tantangan dan sekaligus peluang bagi Jurusan KTP FIP Unesa dalam upaya peningkatan mutu yang berkelanjutan (continues quality improvement) adalah diberlakukannya Undang-undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005, tentang Guru dan Dosen, Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005, tentang Standar Pendidikan Nasional, dan dokumen HELTS 2003-2010 yang berisikan tiga pilar penting dalam pengembangan pendidikan tinggi yaitu peningkatan daya saing, otonomi perguruan tinggi, dan kesehatan organisasi, PP No. 17 tahun 2010 tentang Pengelolaan Penyelenggaraan dan Pengelolaan Pendidikan. Selanjutnya untuk mengimplementasikan kebijakan mutu ditingkat jurusan/prodi dibuat Standar Mutu Akdemik Jurusan KTP FIP Unesa untuk memberikan acuan dalam mengimplementasikan kebijakan mutu yang telah ditetapkan tersebut. Sisi lain dari Standar Mutu Akademik Jurusan KTP FIP Unesa adalah merupakan perwujudan kesepakatan pimpinan fakultas/jurusan/prodi untuk senantiasa meningkatan mutu kinerja akademik di Jurusan KTP FIP Unesa dalam mencapai cita-cita yang dituliskan dalam visi. Untuk mewujudkan kebijakan mutu Jurusan KTP FIP Unesa tersebut maka diperlukan sasaran mutu Jurusan KTP FIP yang akan dievaluasi setiap tahun dan ditindaklanjuti dengan upaya peningkatan capaian sasaran mutu untuk tahun berikutnya.