UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S1 Teknologi Pendidikan

Kode Dokumen

RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER

MATA KULIAH (MK)

KODE

Rumpun MK

BOBOT (sks)

SEMESTER

Tgl Penyusunan

Sosiologi-Antropologi Pendidikan

8620302126

2

5 Juni 2025

OTORISASI

Pengembang RPS

Koordinator RMK

Ketua PRODI




.......................................




.......................................




.......................................

Capaian Pembelajaran (CP)

CPL-PRODI yang dibebankan pada MK

1. Sikap

2. Keterampilan Umum

3. Keterampilan Khusus

4. Pengetahuan

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)

1. Mahasiswa mampu menguraikan dan memberikan contoh, mengkategorikan dan membandingkan konsep-konsep pendidikan dengan menggunakan pisau analisis konsep dan teori yang ada dalam Sosiologi-Antropologi

Deskripsi Singkat MK

Memberikan pemahaman dan pengetahuan mengenai aspek-aspek yang berkaitan dengan pola masyarakat dan kebudayaan Indonesia yang dihubungkan dengan aspek pendidikan

Pustaka

Utama :

  1. Suhanadji, dkk. 2008. Sosiologi-Antropologi Pendidikan. Surabaya: UNESA University Press.
  2. Suhanadji. 2007. Antropologi Budaya. Surabaya: UNESA University Press.
  3. Soerjono Soekanto. 2002. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: RadaGrasindo Persada.
  4. Roesminingsih, MV dan Lamijan HS. 2015. Teori dan Praktek Pendidikan. Surabaya: UNESA Unipress.

Dosen Pengampu

Mg Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar

(Sub-CPMK)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu 1

Mahasiswa mampu memahami prinsip dan kaidah Sosiologi dan Antropologi sebagai Ilmu Sosial.

Menguraikan dan merumuskan Sosiologi dan Antropologi sebagai Ilmu Sosial

Uraian

Ceramah Diskusi tanya jawab seputar sosiologi dan antropologi

  1. Soerjono Soekanto. (2002). Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: RadaGrasindo Persada.
  2. Kamanto Sunarto. (2004). Pengantar Sosiologi. Jakarta: LPFE-UI.
  3. Suhanadji, dkk. (2008). Sosiologi-Antropologi Pendidikan. Surabaya: UNESA University Press.

2

Minggu 2

Mahasiswa mampu memahami isi pokok Kajian Sosiologi.

Menjelaskan dan memberikan contoh tentang Kajian Sosiologi.

uraian

Ceramah Diskusi

  1. Soerjono Soekanto. (2002). Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: RadaGrasindo Persada.
  2. Kamanto Sunarto. (2004). Pengantar Sosiologi. Jakarta: LPFE-UI.
  3. Suhanadji, dkk. (2008). Sosiologi-Antropologi Pendidikan. Surabaya: UNESA University Press.

3

Minggu 3

Mahasiswa mampu memahami isi pokok Ruang Lingkup dan Kajian Antropologi

Menjelaskan dan memberikan contoh tentang Ruang Lingkup dan Kajian Antropologi

Uraian

Ceramah Diskusi Tanya jawab

  1. Koentjaraningrat. (1990). Pengantar Ilmu Antropologi. Jakarta: Rineka Cipta.
  2. Koentjaraningrat (1980). Sejarah Teori Antropologi II. Jakarta: Rineka Cipta
  3. Suhanadji, dkk. (2008). Sosiologi-Antropologi Pendidikan. Surabaya: UNESA University Press.

4

Minggu 4

Mahasiswa mampu memahami dan menafsirkan Konsep Sosiologi dan Antropologi dalam Perspektif Pendidikan

Menjelaskan dan merumukan Konsep Sosiologi dan Antropologi dalam Perspektif Pendidikan

Uraian

Presentasi Eksposisi Diskusi

  1. Koentjaraningrat. (1990). Pengantar Ilmu Antropologi. Jakarta: Rineka Cipta.
  2. Koentjaraningrat (1980). Sejarah Teori Antropologi II. Jakarta: Rineka Cipta
  3. Suhanadji, dkk. (2008). Sosiologi-Antropologi Pendidikan. Surabaya: UNESA University Press.
  4. Sjafiatul Mardliyah, dkk. (2017). Sosiologi Antropologi Pendidikan. Surabaya: Kartika Mulya.

5

Minggu 5

Mahasiswa mampu menggunakan Metode dan Teknik dalam Sosiologi dan Antropologi

Membuktikan dan menemukan Metode dan Teknik dalam Sosiologi dan Antropologi

Uraian

Presentasi Diskusi

  1. Koentjaraningrat. (1990). Pengantar Ilmu Antropologi. Jakarta: Rineka Cipta.
  2. Koentjaraningrat (1980). Sejarah Teori Antropologi II. Jakarta: Rineka Cipta
  3. Suhanadji, dkk. (2008). Sosiologi-Antropologi Pendidikan. Surabaya: UNESA University Press.
  4. Sjafiatul Mardliyah, dkk. (2017). Sosiologi Antropologi Pendidikan. Surabaya: Kartikan Mulya.

6

Minggu 6

Mahasiswa mampu memahami dan menginterpretasikan pokok-pokok pikiran tokoh-tokoh yang mempengaruhi perkembangan sosiologi

Menguraikan dan merumuskan pokok-pokok pikiran tokoh-tokoh yang mempengaruhi perkembangan sosiologi

Uraian

Presentasi Diskusi Tugas individu

  1. Koentjaraningrat. (1990). Pengantar Ilmu Antropologi. Jakarta: Rineka Cipta.
  2. Koentjaraningrat (1980). Sejarah Teori Antropologi II. Jakarta: Rineka Cipta
  3. Suhanadji, dkk. (2008). Sosiologi-Antropologi Pendidikan. Surabaya: UNESA University Press.
  4. Sjafiatul Mardliyah, dkk. (2017). Sosiologi Antropologi Pendidikan. Surabaya: Kartika Mulya.

7

Minggu 7

Mahasiswa mampu memahami dan menginterpretasikan pokok-pokok pikiran tokoh-tokoh yang mempengaruhi perkembangan antropologi

Menguraikan dan merumuskan pokok-pokok pikiran tokoh-tokoh yang mempengaruhi perkembangan antropologi

Uraian

Presentasi Diskusi Tugas individu

  1. Koentjaraningrat. (1990). Pengantar Ilmu Antropologi. Jakarta: Rineka Cipta.
  2. Koentjaraningrat (1980). Sejarah Teori Antropologi II. Jakarta: Rineka Cipta
  3. Suhanadji, dkk. (2008). Sosiologi-Antropologi Pendidikan. Surabaya: UNESA University Press.
  4. Sjafiatul Mardliyah, dkk. (2017). Sosiologi Antropologi Pendidikan. Surabaya: Kartikan Mulya.

8

Minggu 8

UTS

Mampu menjawab soal-soal yang bersumber dari materi pertemuan 1 sampai 7

Uraian analisis

Tes tulis

  1. Koentjaraningrat. (1990). Pengantar Ilmu Antropologi. Jakarta: Rineka Cipta.
  2. Koentjaraningrat (1980). Sejarah Teori Antropologi II. Jakarta: Rineka Cipta
  3. Suhanadji, dkk. (2008). Sosiologi-Antropologi Pendidikan. Surabaya: UNESA University Press.
  4. Sjafiatul Mardliyah, dkk. (2017). Sosiologi Antropologi Pendidikan. Surabaya: Kartikan Mulya.

9

Minggu 9

Mahasiswa mampu memahami dan menganalisa Konsep Pendidikan dalam Perspektif Sosiologi – Antropologi

Menguraikan dan menunjukkan hubungan antara Konsep Pendidikan dalam Perspektif Sosiologi – Antropologi

Uraian dan menjelaskan

Presentasi Diskusi

  1. Koentjaraningrat (1980). Sejarah Teori Antropologi II.
  2. Koentjaraningrat. (1990). Pengantar Ilmu Antropologi. Jakarta: Rineka Cipta.
  3. Soerjono Soekanto. (2002). Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: RadaGrasindo Persada.
  4. Kamanto Sunarto. (2004). Pengantar Sosiologi. Jakarta: LPFE-UI.
  5. Suhanadji, dkk. (2008). Sosiologi-Antropologi Pendidikan. Surabaya: UNESA University Press.
  6. Roesminingsih, MV dan Lamijan HS. (2015). Teori dan PraktekPendidikan. Surabaya: UNESA UNIPRESS.

10

Minggu 10

Mahasiswa mampu menganalisa Pendidikan, Masyarakat dan Kebudayaan

Menunjukkan hubungan antara Pendidikan, Masyarakat dan Kebudayaan

tanya jawab

Presentasi Diskusi

  1. Koentjaraningrat (1980). Sejarah Teori Antropologi II.
  2. Koentjaraningrat. (1990). Pengantar Ilmu Antropologi. Jakarta: Rineka Cipta.
  3. Soerjono Soekanto. (2002). Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: RadaGrasindo Persada.
  4. Kamanto Sunarto. (2004). Pengantar Sosiologi. Jakarta: LPFE-UI.
  5. Suhanadji, dkk. (2008). Sosiologi-Antropologi Pendidikan. Surabaya: UNESA University Press.
  6. Roesminingsih, MV dan Lamijan HS. (2015). Teori dan PraktekPendidikan. Surabaya: UNESA UNIPRESS.

11

Minggu 11

Mahasiswa mampu menganalisa struktur dasar Sistem Kekerabatan

Membandingkan dan menunjukkan hubungan dalam sistem kekerabatan.

tanya jawab

Presentasi Diskusi

  1. Koentjaraningrat. (1990). Pengantar Ilmu Antropologi. Jakarta: Rineka Cipta.
  2. Koentjaraningrat (1980). Sejarah Teori Antropologi II. Jakarta: Rineka Cipta
  3. Suhanadji, dkk. (2008). Sosiologi-Antropologi Pendidikan. Surabaya: UNESA University Press.

12

Minggu 12

Mahasiswa mampu menganalisa struktur dasar dalam Perkembangan Masalah Sosial dan Kebudayaan di Indonesia

Membandingkan, mempertentangkan dan menunjukkan hubungan dalam Perkembangan Masalah Sosial dan Kebudayaan di Indonesia

Tanya jawab

Presentasi Diskusi

  1. Koentjaraningrat. (1990). Pengantar Ilmu Antropologi. Jakarta: Rineka Cipta.
  2. Koentjaraningrat (1980). Sejarah Teori Antropologi II. Jakarta: Rineka Cipta
  3. Suhanadji, dkk. (2008). Sosiologi-Antropologi Pendidikan. Surabaya: UNESA University Press.

13

Minggu 13

Mahasiswa mampu memahami isi pokok dan fakta Masyarakat dan Pranata Sosial

Menguraikan dna memberi contoh tentang Masyarakat dan Pranata Sosial

Tes lisan

Presentasi Diskusi

  1. Soerjono Soekanto. (2002). Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: RadaGrasindo Persada.
  2. Kamanto Sunarto. (2004). Pengantar Sosiologi. Jakarta: LPFE-UI.
  3. Suhanadji, dkk. (2008). Sosiologi-Antropologi Pendidikan. Surabaya: UNESA University Press.

14

Minggu 14

Mahasiswa mampu memahami pokok pikiran tentang perubahan sosial dan budaya

Merumuskan dan memberikan contoh tentang perubahan sosial budaya

Uraian

Presentasi Diskusi

  1. Koentjaraningrat (1980). Sejarah Teori Antropologi II.
  2. Koentjaraningrat. (1990). Pengantar Ilmu Antropologi. Jakarta: Rineka Cipta.
  3. Soerjono Soekanto. (2002). Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: RadaGrasindo Persada.
  4. Kamanto Sunarto. (2004). Pengantar Sosiologi. Jakarta: LPFE-UI.
  5. Suhanadji, dkk. (2008). Sosiologi-Antropologi Pendidikan. Surabaya: UNESA University Press.
  6. Roesminingsih, MV dan Lamijan HS. (2015). Teori dan PraktekPendidikan. Surabaya: UNESA UNIPRESS.

15

Minggu 15

Mahasiswa mampu menganalisia struktur dasar tentang Perubahan Sosial Budaya dalam Era Modernisasi dan Globalisasi

Membandingkan, mempertentangkan dan menunjukkan hubungan tentang Perubahan Sosial Budaya dalam Era Modernisasi dan Globalisasi

Uraian

Presentasi Diskusi

  1. Koentjaraningrat (1980). Sejarah Teori Antropologi II.
  2. Koentjaraningrat. (1990). Pengantar Ilmu Antropologi. Jakarta: Rineka Cipta.
  3. Soerjono Soekanto. (2002). Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: RadaGrasindo Persada.
  4. Kamanto Sunarto. (2004). Pengantar Sosiologi. Jakarta: LPFE-UI.
  5. Suhanadji, dkk. (2008). Sosiologi-Antropologi Pendidikan. Surabaya: UNESA University Press.
  6. Roesminingsih, MV dan Lamijan HS. (2015). Teori dan PraktekPendidikan. Surabaya: UNESA UNIPRESS.

16

Minggu 16

UAS

UAS

        Catatan :   

        1. Capaian Pembelajaran Lulusan PRODI (CPL-PRODI) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan PRODI yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
        2. CPL yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-PRODI) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
        3. CP Mata kuliah (CPMK) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari CPL yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
        4. Sub-CP Mata kuliah (Sub-CPMK) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari CPMK yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
        5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
        6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
        7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
        8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
        9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
        10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
        11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-CPMK yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-CPMK tsb., dan totalnya 100%.
        12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.