
|
UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA Fakultas Ilmu Pendidikan Program Studi S1 Teknologi Pendidikan |
Kode Dokumen |
RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER |
MATA KULIAH (MK) |
KODE |
Rumpun MK |
BOBOT (sks) |
SEMESTER |
Tgl Penyusunan |
Sosiologi-Antropologi Pendidikan |
8620302126 |
|
2 |
|
|
5 Juni 2025 |
OTORISASI |
Pengembang RPS |
Koordinator RMK |
Ketua PRODI |
.......................................
|
.......................................
|
....................................... |
Capaian Pembelajaran (CP) |
CPL-PRODI yang dibebankan pada MK |
|
1. Sikap |
2. Keterampilan Umum |
3. Keterampilan Khusus |
4. Pengetahuan |
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) |
1. Mahasiswa mampu menguraikan dan memberikan contoh, mengkategorikan dan membandingkan konsep-konsep pendidikan dengan menggunakan pisau analisis konsep dan teori yang ada dalam Sosiologi-Antropologi |
Deskripsi Singkat MK |
Memberikan pemahaman dan pengetahuan mengenai aspek-aspek yang berkaitan dengan pola masyarakat dan kebudayaan Indonesia yang dihubungkan dengan aspek pendidikan |
Pustaka |
Utama : |
|
- Suhanadji, dkk. 2008. Sosiologi-Antropologi Pendidikan. Surabaya: UNESA University Press.
- Suhanadji. 2007. Antropologi Budaya. Surabaya: UNESA University Press.
- Soerjono Soekanto. 2002. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: RadaGrasindo Persada.
- Roesminingsih, MV dan Lamijan HS. 2015. Teori dan Praktek Pendidikan. Surabaya: UNESA Unipress.
|
Dosen Pengampu |
|
Mg Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-CPMK) |
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1 Minggu 1 |
Mahasiswa mampu memahami prinsip dan kaidah Sosiologi dan Antropologi sebagai Ilmu Sosial. |
Menguraikan dan merumuskan Sosiologi dan Antropologi sebagai Ilmu Sosial |
Uraian |
Ceramah Diskusi tanya jawab seputar sosiologi dan antropologi |
|
- Soerjono Soekanto. (2002). Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: RadaGrasindo Persada.
- Kamanto Sunarto. (2004). Pengantar Sosiologi. Jakarta: LPFE-UI.
- Suhanadji, dkk. (2008). Sosiologi-Antropologi Pendidikan. Surabaya: UNESA University Press.
|
|
2 Minggu 2 |
Mahasiswa mampu memahami isi pokok Kajian Sosiologi. |
Menjelaskan dan memberikan contoh tentang Kajian Sosiologi. |
uraian |
Ceramah Diskusi |
|
- Soerjono Soekanto. (2002). Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: RadaGrasindo Persada.
- Kamanto Sunarto. (2004). Pengantar Sosiologi. Jakarta: LPFE-UI.
- Suhanadji, dkk. (2008). Sosiologi-Antropologi Pendidikan. Surabaya: UNESA University Press.
|
|
3 Minggu 3 |
Mahasiswa mampu memahami isi pokok Ruang Lingkup dan Kajian Antropologi |
Menjelaskan dan memberikan contoh tentang Ruang Lingkup dan Kajian Antropologi |
Uraian |
Ceramah Diskusi Tanya jawab |
|
- Koentjaraningrat. (1990). Pengantar Ilmu Antropologi. Jakarta: Rineka Cipta.
- Koentjaraningrat (1980). Sejarah Teori Antropologi II. Jakarta: Rineka Cipta
- Suhanadji, dkk. (2008). Sosiologi-Antropologi Pendidikan. Surabaya: UNESA University Press.
|
|
4 Minggu 4 |
Mahasiswa mampu memahami dan menafsirkan Konsep Sosiologi dan Antropologi dalam Perspektif Pendidikan |
Menjelaskan dan merumukan Konsep Sosiologi dan Antropologi dalam Perspektif Pendidikan |
Uraian |
Presentasi Eksposisi Diskusi |
|
- Koentjaraningrat. (1990). Pengantar Ilmu Antropologi. Jakarta: Rineka Cipta.
- Koentjaraningrat (1980). Sejarah Teori Antropologi II. Jakarta: Rineka Cipta
- Suhanadji, dkk. (2008). Sosiologi-Antropologi Pendidikan. Surabaya: UNESA University Press.
- Sjafiatul Mardliyah, dkk. (2017). Sosiologi Antropologi Pendidikan. Surabaya: Kartika Mulya.
|
|
5 Minggu 5 |
Mahasiswa mampu menggunakan Metode dan Teknik dalam Sosiologi dan Antropologi |
Membuktikan dan menemukan Metode dan Teknik dalam Sosiologi dan Antropologi |
Uraian |
Presentasi Diskusi |
|
- Koentjaraningrat. (1990). Pengantar Ilmu Antropologi. Jakarta: Rineka Cipta.
- Koentjaraningrat (1980). Sejarah Teori Antropologi II. Jakarta: Rineka Cipta
- Suhanadji, dkk. (2008). Sosiologi-Antropologi Pendidikan. Surabaya: UNESA University Press.
- Sjafiatul Mardliyah, dkk. (2017). Sosiologi Antropologi Pendidikan. Surabaya: Kartikan Mulya.
|
|
6 Minggu 6 |
Mahasiswa mampu memahami dan menginterpretasikan pokok-pokok pikiran tokoh-tokoh yang mempengaruhi perkembangan sosiologi |
Menguraikan dan merumuskan pokok-pokok pikiran tokoh-tokoh yang mempengaruhi perkembangan sosiologi |
Uraian |
Presentasi Diskusi Tugas individu |
|
- Koentjaraningrat. (1990). Pengantar Ilmu Antropologi. Jakarta: Rineka Cipta.
- Koentjaraningrat (1980). Sejarah Teori Antropologi II. Jakarta: Rineka Cipta
- Suhanadji, dkk. (2008). Sosiologi-Antropologi Pendidikan. Surabaya: UNESA University Press.
- Sjafiatul Mardliyah, dkk. (2017). Sosiologi Antropologi Pendidikan. Surabaya: Kartika Mulya.
|
|
7 Minggu 7 |
Mahasiswa mampu memahami dan menginterpretasikan pokok-pokok pikiran tokoh-tokoh yang mempengaruhi perkembangan antropologi |
Menguraikan dan merumuskan pokok-pokok pikiran tokoh-tokoh yang mempengaruhi perkembangan antropologi |
Uraian |
Presentasi Diskusi Tugas individu |
|
- Koentjaraningrat. (1990). Pengantar Ilmu Antropologi. Jakarta: Rineka Cipta.
- Koentjaraningrat (1980). Sejarah Teori Antropologi II. Jakarta: Rineka Cipta
- Suhanadji, dkk. (2008). Sosiologi-Antropologi Pendidikan. Surabaya: UNESA University Press.
- Sjafiatul Mardliyah, dkk. (2017). Sosiologi Antropologi Pendidikan. Surabaya: Kartikan Mulya.
|
|
8 Minggu 8 |
UTS |
Mampu menjawab soal-soal yang bersumber dari materi pertemuan 1 sampai 7 |
Uraian analisis |
Tes tulis |
|
- Koentjaraningrat. (1990). Pengantar Ilmu Antropologi. Jakarta: Rineka Cipta.
- Koentjaraningrat (1980). Sejarah Teori Antropologi II. Jakarta: Rineka Cipta
- Suhanadji, dkk. (2008). Sosiologi-Antropologi Pendidikan. Surabaya: UNESA University Press.
- Sjafiatul Mardliyah, dkk. (2017). Sosiologi Antropologi Pendidikan. Surabaya: Kartikan Mulya.
|
|
9 Minggu 9 |
Mahasiswa mampu memahami dan menganalisa Konsep Pendidikan dalam Perspektif Sosiologi – Antropologi |
Menguraikan dan menunjukkan hubungan antara Konsep Pendidikan dalam Perspektif Sosiologi – Antropologi |
Uraian dan menjelaskan |
Presentasi Diskusi |
|
- Koentjaraningrat (1980). Sejarah Teori Antropologi II.
- Koentjaraningrat. (1990). Pengantar Ilmu Antropologi. Jakarta: Rineka Cipta.
- Soerjono Soekanto. (2002). Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: RadaGrasindo Persada.
- Kamanto Sunarto. (2004). Pengantar Sosiologi. Jakarta: LPFE-UI.
- Suhanadji, dkk. (2008). Sosiologi-Antropologi Pendidikan. Surabaya: UNESA University Press.
- Roesminingsih, MV dan Lamijan HS. (2015). Teori dan PraktekPendidikan. Surabaya: UNESA UNIPRESS.
|
|
10 Minggu 10 |
Mahasiswa mampu menganalisa Pendidikan, Masyarakat dan Kebudayaan |
Menunjukkan hubungan antara Pendidikan, Masyarakat dan Kebudayaan |
tanya jawab |
Presentasi Diskusi |
|
- Koentjaraningrat (1980). Sejarah Teori Antropologi II.
- Koentjaraningrat. (1990). Pengantar Ilmu Antropologi. Jakarta: Rineka Cipta.
- Soerjono Soekanto. (2002). Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: RadaGrasindo Persada.
- Kamanto Sunarto. (2004). Pengantar Sosiologi. Jakarta: LPFE-UI.
- Suhanadji, dkk. (2008). Sosiologi-Antropologi Pendidikan. Surabaya: UNESA University Press.
- Roesminingsih, MV dan Lamijan HS. (2015). Teori dan PraktekPendidikan. Surabaya: UNESA UNIPRESS.
|
|
11 Minggu 11 |
Mahasiswa mampu menganalisa struktur dasar Sistem Kekerabatan |
Membandingkan dan menunjukkan hubungan dalam sistem kekerabatan. |
tanya jawab |
Presentasi Diskusi |
|
- Koentjaraningrat. (1990). Pengantar Ilmu Antropologi. Jakarta: Rineka Cipta.
- Koentjaraningrat (1980). Sejarah Teori Antropologi II. Jakarta: Rineka Cipta
- Suhanadji, dkk. (2008). Sosiologi-Antropologi Pendidikan. Surabaya: UNESA University Press.
|
|
12 Minggu 12 |
Mahasiswa mampu menganalisa struktur dasar dalam Perkembangan Masalah Sosial dan Kebudayaan di Indonesia |
Membandingkan, mempertentangkan dan menunjukkan hubungan dalam Perkembangan Masalah Sosial dan Kebudayaan di Indonesia |
Tanya jawab |
Presentasi Diskusi |
|
- Koentjaraningrat. (1990). Pengantar Ilmu Antropologi. Jakarta: Rineka Cipta.
- Koentjaraningrat (1980). Sejarah Teori Antropologi II. Jakarta: Rineka Cipta
- Suhanadji, dkk. (2008). Sosiologi-Antropologi Pendidikan. Surabaya: UNESA University Press.
|
|
13 Minggu 13 |
Mahasiswa mampu memahami isi pokok dan fakta Masyarakat dan Pranata Sosial |
Menguraikan dna memberi contoh tentang Masyarakat dan Pranata Sosial |
Tes lisan |
Presentasi Diskusi |
|
- Soerjono Soekanto. (2002). Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: RadaGrasindo Persada.
- Kamanto Sunarto. (2004). Pengantar Sosiologi. Jakarta: LPFE-UI.
- Suhanadji, dkk. (2008). Sosiologi-Antropologi Pendidikan. Surabaya: UNESA University Press.
|
|
14 Minggu 14 |
Mahasiswa mampu memahami pokok pikiran tentang perubahan sosial dan budaya |
Merumuskan dan memberikan contoh tentang perubahan sosial budaya |
Uraian |
Presentasi Diskusi |
|
- Koentjaraningrat (1980). Sejarah Teori Antropologi II.
- Koentjaraningrat. (1990). Pengantar Ilmu Antropologi. Jakarta: Rineka Cipta.
- Soerjono Soekanto. (2002). Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: RadaGrasindo Persada.
- Kamanto Sunarto. (2004). Pengantar Sosiologi. Jakarta: LPFE-UI.
- Suhanadji, dkk. (2008). Sosiologi-Antropologi Pendidikan. Surabaya: UNESA University Press.
- Roesminingsih, MV dan Lamijan HS. (2015). Teori dan PraktekPendidikan. Surabaya: UNESA UNIPRESS.
|
|
15 Minggu 15 |
Mahasiswa mampu menganalisia struktur dasar tentang Perubahan Sosial Budaya dalam Era Modernisasi dan Globalisasi |
Membandingkan, mempertentangkan dan menunjukkan hubungan tentang Perubahan Sosial Budaya dalam Era Modernisasi dan Globalisasi |
Uraian |
Presentasi Diskusi |
|
- Koentjaraningrat (1980). Sejarah Teori Antropologi II.
- Koentjaraningrat. (1990). Pengantar Ilmu Antropologi. Jakarta: Rineka Cipta.
- Soerjono Soekanto. (2002). Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: RadaGrasindo Persada.
- Kamanto Sunarto. (2004). Pengantar Sosiologi. Jakarta: LPFE-UI.
- Suhanadji, dkk. (2008). Sosiologi-Antropologi Pendidikan. Surabaya: UNESA University Press.
- Roesminingsih, MV dan Lamijan HS. (2015). Teori dan PraktekPendidikan. Surabaya: UNESA UNIPRESS.
|
|
16 Minggu 16 |
UAS |
UAS |
|
|
|
|
|