Course infomation
  • Program Studi:
    MKDU
  • Location:
    Gedung O5 Kampus Lidah Wetan

Mata kuliah ini merupakan kegiatan mahasiswa yang meliputi: penentuan tujuan observasi, metode observasi, teknik pencatatan observasi, dan pelaksanaan observasi lapangan untuk mendapatkan data konkret dalam program proyek kemanusiaan, misalnya: (a) mengembangkan pengetahuan, keterampilan, dan nilai praktik mitigasi bencana, (b) mengembangkan pengetahuan dan keterampilan mendeteksi penyakit social dan melakukan sosialisasi dampak dan bahayanya, (c) mempromosikan perubahan dan pengembangan social, kohesi social, pemberdayaan, dan peningkatan kesejahteraan masyarakat dalam rangka pelayanan sosial, (d) mengembangkan pengetahuan, keterampilan, dan keberpihakan pada yang lemah, (e) mengembangkan pengetahuan, keterampilan, dan kepekaan terhadap masalah social yang dihadapi perempuan, dll.

  • § Junaidi, Aris dkk. 2020.Panduan Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi di Era Industri 4.0 untuk Mendukung Merdeka Belajar-Kampus Merdeka. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
  • § Tim Unesa. 2020.Pedoman pengembangan dan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka. Surabaya: Unesa
  • § -----. 2020.Panduan Penyelenggaraaan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
  • § -----. 2017.Petunjuk Teknis Pelibatan Keluarga pada Penyelenggaraan Pendidikan Kesetaraan. Jakarta: Ditjen PAUD dan Dikmas
  • § Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi.
  • § Peraturan Presiden Nomor 8 Tahun 212 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia

Open RPS PDF
 
Rating:
( 1 Rating )

Recent Courses

Pengembangan Sumber Daya Manusia

S1 Teknologi Pendidikan

Inovasi dan Difusi Pendidikan

S1 Teknologi Pendidikan

Pengembangan Media Model dan Realia

S1 Teknologi Pendidikan

Pengantar Komunikasi

S1 Teknologi Pendidikan