08 October 2020


Unesa.ac.id, Surabaya – Sebanyak 32 peserta calon tenaga kontrak Universitas Negeri Surabaya yang berhasil lolos tes psikotes, melaksanakan tes keterampilan dan wawancara pada Kamis, (8/10/2020) di lt.11 Gedung Rektorat Unesa. Ke-32 orang peserta tersebut terbagi menjadi dua bidang yaitu 7 programmer dan 25 admin IT.
I Gusti Lanang Putra Eka Prismana, S.Kom, M.Kom mengatakan, pada tes keterampilan kali ini ada dua model soal yang diberikan kepada para peserta sesuai dengan bidangnya. Mereka diberikan waktu satu jam untuk dapat menyelesaikan soal yang sudah disiapkan oleh para panitia.
Para peserta yang telah menyelesaikan tes keterampilan, terang Eka akan langsung melakukan tes wawancara dengan delapan pewawancara. Ketujuh pewawancara berasal dari Wakil Dekan Bidang Umum dan Keuanga dari setiap fakultas di Unesa, dan satu pewawancara berasal dari pascasarjana Unesa.
Lebih lanjut Eka mengatakan bahwa kuota yang dibutuhkan Unesa sebanyak 6 orang programmer dan 15 admin IT. Namun, kuota tersebut tidak harus dipenuhi. Yang diutamakan Unesa adalah harus dipenuhi standar yang sudah ditetapkan oleh tim.
“Yang lebih kita utamakan adalah softskill dan kepribadian serta loyalitas. Setelah menjadi pegawai Unesa, mereka diharapkan dapat menempa karakter individualnya. Masalah pengetahuan dan keterampilan bisa dilatih, tapi softskill dan kepribadian itu yang justru akan membuat orang tersebut bisa berkembang atau tidak,” tambahnya.
Dengan slogan Bersama dan Bisa Bekerja sama, Eka berharapa para pegawai yang diterima adalah yang terbaik sesuai dengan kriteria yang sudah dibuat oleh tim. Selain itu, mereka diharapkan memiliki loyalitas, integritas dan dapat memotivasi diri untuk terus belajar dan mengembangkan diri mereka. (hasna/sir)