26 May 2020


Unesa.ac.id- Surabaya, Unesa menggelar acara pelepasan 14 mahasiswa program Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing (BIPA) yang telah menyelesaikan masa studinya. Acara pelepasan dan pemberian sertifikat dilakukan secara sederhana di ruang jamuan lantai 8 gedung rektorat pada Selasa (26/05).Ke-14 mahasiswa yang dilepas tersebut, 4 mahasiswa berasal dari China, yakni Yang Yanhui, Xue Huang, Li Jinxiao, dan Ye Shiqi, sementara 10 mahasiswa lain berasal dari Thailand, yakni Pornpol Srijaow, Isra Awae, Cherreda Thongman, Jutatip Yodtong, Supnida Ardmhad, Kuntida Pichairerk, Sirirat Klinmalee, Thidarat Somsuriyawong, Wipharat Phiromrak, serta Jariya Thanompak.
Prof. Bambang Yulianto, Wakil Rektor Bidang Akademik, dalam sambutannya mengatakan bahwa kerja sama program BIPA akan senantiasa dilakukan. Bambang berharap, mahasiswa BIPA yang telah menuntut ilmu tersebut dapat bermanfaat, khususnya untuk pengenalan Bahasa Indonesia setelah kembali ke negara asal. Sekretaris program BIPA, Asrori mengatakan, sebenarnya dalam acara pelepasan tersebut, rencananya akan ada penampilan dari mahasiswa BIPA baik tarian dan berbagai keahlian lain. Namun, karena kondisi yang tidak memungkinkan di tengah wabah covid-19, acara pun digelar sesederhana mungkin.“Sebenarnya banyak yang akan ditampilkan anak-anak. Tapi, karena keadaan seperti ini, kami tidak bisa merealisasikan,” ujar Asrori.
Sementara itu, Li Jinxiao atau yang lebih akrab disapa Zunaira, salah satu mahasiswa BIPA asal China mengaku senang selama belajar di Unesa. Menurutnya, dosen-dosen di Unesa telaten membimbing, terutama saat melakukan pembelajaran. Selain bahasa, ia juga senang dengan mata kuliah seperti membatik, menari, dan kegiatan lain seperti summer course. “Saya sangat senang di sini. Kalau ada kesempatan, saya akan kembali lagi,” ujar Zunaira saat memberikan testimoni. Senada, Wipharat Phiromrak atau yang akrab disapa Melati, perwakilan dari Thailand mengaku senang belajar di Unesa. Ia merasa menemukan keluarga. Selain bahasa, ia mengaku senang belajar menari. “Besok, saya pulang ke Thailand. Saya akan rindu Bapak Ibu yang ada di sini. Semoga semuanya selalu sehat. Saya mohon maaf apabila ada salah. Terima kasih ya, ” ujar Melati. Selain wakil rektor bidang akademik, turut hadir dalam acara tersebut, Wakil Rektor Bidang Perencanaan dan Kerja Sama, Dr. Sujarwanto, M.Pd, Ketua Program BIPA, Drs. Parmin, M.Hum, Sekretaris Program BIPA, Asrori, S.S, M.Pd. dan Hespi Septiana, M. Pd. (Humas Unesa)