24 February 2024


SURABAYA—Universitas Negeri Surabaya (UNESA) dinobatkan sebagai ‘Kampus Zero Accident' dan mendapatkan penghargaan dari Gubernur Jawa Timur. Penghargaan tersebut diberikan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jatim dalam peringatan Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Nasional pada 12 Januari-12 Februari 2024.
Penghargaan tersebut merupakan wujud komitmen Pemprov Jatim dalam melaksanakan Keputusan Menteri Ketenagakerjaan RI Nomor 244 Tahun 2023 tentang Petunjuk Pelaksanaan Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja Nasional Tahun 2024 di Jatim.
Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa mengatakan bahwa penghargaan yang diberikan kepada sejumlah daerah, perusahaan dan lembaga di Jatim termasuk UNESA itu sebagai apresiasi dan motivasi dalam penerapan K3, sehingga bisa terus zero accident.
Pun sebagai apresiasi kepada lembaga yang sudah mengimplementasikan Program Pencegahan dan Penanggulangan HIV/AIDS, dan menerapkan sistem manajemen K3 di tempat kerja.
"Kami menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung dan berperan serta aktif dalam mengembangkan, mempromosikan serta membudayakan K3 di lembaganya masing-masing," ucapnya saat peringatan Bulan K3 Nasional di Mojokerto, pada 11 Januari 2024 .
Direktur Pencegahan dan Penanggulangan Isu Strategis UNESA, Dr. Mutimmatul Faidah, S.Ag., M.Ag., menyampaikan rasa senangnya bisa mendapatkan penghargaan tersebut. Menurutnya, itu merupakan wujud komitmen dan buah kerja sama jajaran pimpinan universitas-fakultas-prodi dan seluruh civitas kampus 'Rumah Para Juara'.
"Kami tentu menyampaikan terima kasih kepada Pemprov Jatim atas apresiasinya dan jajaran pimpinan UNESA. Tentu ini menjadi motivasi lebih bagi UNESA dalam meningkatkan implementasi kebijakan atau sistem K3 di lingkungan kampus," ucapnya.
Dia menambahkan, pencapaian ini merupakan bukti dari kinerja K3 sehingga diakui pemerintah. Capaian tersebut dapat membantu dan mendukung IKU, serta memberikan jaminan keamanan dan kenyamanan bagi civitas dalam melaksanakan tugas di kampus.
"UNESA sudah dua kali menerima penghargaan ini, yang pertama di tahun 2023 dan saat ini di 2024. Komitmen kami ke depan, bisa meningkatkan kualitas sistem manajemen K3 dan berbagai capaian akan terus dipertahankan bahkan terus ditingkatkan," ucapnya.
Sebagai informasi yang tertera pada piagam penghargaan tersebut bahwa UNESA mendapat apresiasi atas prestasinya dalam melaksanakan program K3 dengan status zero accident dalam 9.415.835 jam kerja, terhitung sejak 1 November 2019 sampai 31 Oktober 2023.[]