03 October 2021


Unesa.ac.id, SURABAYA-Dalam mendukung implementasi Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka, UNESA terus perluas jaringan kerja sama dengan berbagai stakeholder, salah satunya yakni dengan Pemerintah Kabupaten Nganjuk. Pascasarjana UNESA dan Pemkab Nganjuk menandatangani nota kesepahaman tentang kerja sama dan pengabdian kepada masyarakat di Kantor Bupati Nganjuk pada Sabtu (02/10/2021).
Wakil Rektor Bidang Akademik UNESA, Prof. Dr. Bambang Yulianto, M.Pd mengungkapkan bahwa pelaksanaan kerja sama itu sebagai langkah optimalisasi penerapan MBKM sehingga mahasiswa makin leluasa mengembangkan diri dan meningkatkan keterampilan serta kompetensi baik di dalam kampus maupun di luar kampus. “Implementasinya nanti bisa dalam bentuk KKN tematik, asistensi mengajar dan program lainnya," ujarnya.
Plt. Bupati Nganjuk, Dr. H. Marhaen Djumadi, M.M.,M.BA mengapresiasi dan mendukung kerja sama dalam pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat itu. Baginya, itu akan memberikan dampak yang positif bagi perkembangan masyarakat di sana. “UNESA kan punya kekuatan pada bidang pendidikan, olahraga, seni dan disabilitas, tentu peluang kerja sama dan kolaborasi ke depannya semakin terbuka,” tuturnya.
Sebelumnya, kegiatan pengabdian kepada masyarakat dilaksanakan secara rutin tiap tahunnya. Tahun ini terdapat 31 kelompok PKM dengan melibatkan 139 dosen dan guru besar di berbagai bidang keahlian yang dalam pelaksanaan programnya diikuti oleh 620 guru dari tingkat TK hingga SMA.
Wakil Direktur Program Pascasarjana UNESA, Prof. Dr. Wasis, M.Si mengungkapkan bahwa tujuan kerja sama itu selain untuk meningkatkan kualitas mahasiswa UNESA, tetapi juga pada akhirnya itu semua adalah upaya untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia, pendidikan dan mendorong kesejahteraan masyarakat di Nganjuk dan sekitarnya. “Dalam meningkatkan kualitas SDM kita butuh kolaborasi dan itu yang kami upayakan lewat kerja sama ini," ungkap Wasis.
Sebagai informasi, penandatanganan perjanjian kerja sama antara Wakil Rektor Bidang Akademik UNESA sekaligus Plt. Direktur Pascasarjana UNESA Prof. Dr. Bambang Yulianto, M.Pd dengan Plt. Bupati Nganjuk, Dr. H. Marhaen Djumadi, M.M., M.B.A, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Provinsi, Drs. Edy Sukarno, M.Pd dan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Dr. Soping, A.P., M.M.
Selain itu, juga ada penandatanganan perjanjian kerja sama bidang pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengembangan, pengabdian masyarakat dan bidang lainnya antara Ketua Program Studi S-2 Pendidikan Luar Biasa, Prof. Dr. Sri Joeda Andajani, M.Kes dengan Kepala IGTKI Kabupaten Nganjuk, Istiqomah, S.Pd. Kemudian Ketua Program Studi S-2 Teknologi Pendidikan, Dr. Andi Mariono, M.Pd dengan Ketua K3S, Dr. Ridwan, M.Pd.I.
Disusul Ketua Program Studi S-3 Manajemen Pendidikan, Dr. Nunuk Hariyati, S.Pd., M.Pd dengan Ketua MKKS SMP. Selain itu, MoU antara Ketua Program Studi S-2 Pendidikan Biologi, Prof. Dr. Endang Susantini, M.Pd dengan Pengurus MKKS SMA, Sigit Tri Tjahjono, S.Pd., M.Si. Kemudian Ketua Program Studi S-2 Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, Dr. Tri Rijanto, M.Pd.,M.T dengan Pengurus MKKS SMKN, Dra. Yatini, M.Si. [git/zam]