31 August 2022


Unesa.ac.id, SURABAYA–Guna meningkatkan kompetensi mahasiswa dalam berwirausaha, Divisi Kewirausahaan, Unesa Career Center (UCC) mengandeng i-Hub Official mengadakan seminar kewirausahaan bertema “UNESA Eco-Minded Enterpreneur Challange” pada Selasa (30/08/2022).
Kegiatan tersebut diselenggarakan secara serentak pada dua tempat yang berbeda yakni di Auditorium LP3, Gedung PPG, Lantai 9 Kampus Lidah Wetan, dan di Auditorium Fakultas Teknik, Lantai 3 Kampus Ketintang.
Acara di Kampus Lidah Wetan menghadirkan pemateri yang sekaligus pelaku wirausaha seperti Rico Tedyono, S.T., M.Sc., MBA., CoFounder dan COO Komunal Fintech Neo RURAL Bank; Reza Zamir, CoFounder Syarihub dan Software Product Manager Privy.id; dan Kevin Susanto Goly, CEO dan Founder Looyal.
Sementara acara di Kampus Ketintang menghadirkan narasumber yang tak kalah hebat seperti Sitti Raisya F. E., Marketing dan Strategic Kasir Pintar; Audrey Maximillian Herli, CoFounder Riliv; dan Dhendy Bharoto Trunoyudho, Founder dan COO Garda Pangan.
Septina Alrianingrum, S.S., M.Pd., Ketua Divisi Kewirausahaan dan Karir UCC mengatakan, wirausahaan merupakan bagian dari upaya membangun masa depan bangsa melalui bidang ekonomi. Ia optimis bahwa wirausaha di masa yang akan datang tidak hanya menjadi second opinion semata. Namun, dapat menjadi pekerjaan utama yang tak kalah dengan para pekerja di bidang formal seperti pegawai.
Dari cerita pengalaman inspiratif dan wawasan dari para pelaku usaha muda berbakat itu dia berharap para mahasiswa yang menjadi peserte terdorong untuk membuat ide usaha atau bisnis yang kreatif dan inovatif.
Kesempatan ini peluang mahasiswa untuk mengembangkan potensi diri sedini mungkin. “Semoga dengan pengalaman dan ilmu yang diberikan oleh narasumber yang hebat ini akan membawa inspirasi bagi mahasiswa untuk mengikuti jejak kesuksesan dalam bidang wirausaha. Semoga kalian sukses berwirausaha pada usia muda dan bisa menopang ekonomi Indonesia,” ujar Septiana.
Susan Putri Pratiwi selaku Business Development Manager Ngalam Inovation Hub menuturkan bahwa output dari kegiatan seminar ini merupakan sebuah tantangan bagi mahasiswa untuk membuat ide bisnis yang berkaitan dengan penyelesaian permasalahan lingkungan.
Peserta yang terlibat dalam kegiatan tersebut yaitu mahasiswa yang mengumpulkan ide bisnis terbaik mereka. Dari banyak peserta akan dipilih tiga ide bisnis terbaik yang akan diumumkan pada acara kuliah tamu “Stadium Generale: Menguatkan Wawasan Kebangsaan pada Generasi Z” pada Jumat (2/9/2022), yang bertempat di Graha Unesa. “Apresiasi kepada para pemenang akan diserahkan langsung oleh Kepala Staf TNI Angkatan Darat, Jenderal TNI Dr. Dudung Abdurachman, S.E., M.M,” tutupnya. [HUMAS UNESA]
Penulis: Muhammad Ari Rifqi Mubarok
Editor: @zam Alasiah*
Foto: dokumentasi panitia