17 December 2020


Unesa.ac.id, Surabaya – Universitas Negeri Surabaya semakin memantapkan diri untuk selangkah lebih maju, hal tersebut dibuktikan dengan melenggangnya dua Fakultas yang siap untuk melakukan akreditasi internasional, ASIIN ( Akkreditierungsagentur für Studiengänge der Ingenieurwissenschaften, der Informatik, der Naturwissenschaften und der Mathematik). Dua fakultas tersebut adalah Fakultas Teknik (FT) dan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA).
Dalam penyelenggaraannya, visitasi dihadiri oleh assesor yang berasal dari Jerman yaitu Prof. Dr. Madhukar Chandra, Maximilian Dauer, Prof. Dr.-Ing., Dipl.-Ing. Johannes Weinig, Prof. Dr.-Ing. O. Wünsch, Fachri Ghiffari (UGM) dan Jan Philipp Engelmann, M.A. Sedangkan dari Unesa sendiri dihadiri oleh Prof. Dr. Bambang Yulianto, M.Pd. (Wakil Rektor Bidang Akademik), Dr. Sujarwanto, M.Pd. (Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan) beserta jajarannya. Visitasi dilaksanakan secara online pada Selasa, (15/12) di lantai 8, Gedung Rektorat Unesa.
Fakultas Teknik Unesa memiliki tiga program studi pendidikan yang siap mengikuti akreditasi internasional diantaranya Pendidikan Teknik Bangunan, Pendidikan Teknik Elektro dan Pendidikan Teknik Mesin. Dalam meningkatkan mutu, utamanya pelaksanaan kurikulum OBE ( Outcome Based Education ) yang perlu dilakukan adalah melakukan penjaminan mutu dalah hal pelaksanaan kurikulum OBE-nya.
Dalam pengembangan untuk mahasiswa mendapat pengakuan secara global, Dr. Widowati Budijastuti, M.Si selaku penanggung jawab kegiatan sekaligus ketua PPSMA Unesa menjelaskan bahwa Unesa memiliki program dimana Unesa memiliki misi untuk mengembangkan program studi yang secara keseluruhan telah terakreditasi A. “Supaya mahasiswanya nanti satu persatu bisa go – internasional dipakai di seluruh dunia,” terangnya.
ASIIN sendiri merupakan lembaga akreditasi yang berasal dari Jerman, yang khusus menangani displin ilmu rekayasa, matematika dan sains, pertanian, biologi. Akreditasi internasional ini merupakan Upaya untuk meningkatkan mutu mahasiswa dan lulusan Fakultas Teknik, Unesa. Tentunya, akreditasi Internasional tidak hanya bertujuan untuk menguji kurikulum semata, namun dapat memberikan keuntungan bagi mahasiswa dari fakultas yang telah diakreditasi internasional untuk diakui di seluruh dunia. Hal ini menjadi sebuah nilai tambah, bagi mahasiswa kedepannya dalam menghadapi dunia kerja.
Visitasi online ini akan dilakukan secara beberapa tahap, dimulai dari tingkat Universitas, Fakultas, kemudian program studi. Dalam sistem penilaian, terdapat 8 standard yang harus dipenuhi olehperguruan tinggi. Diharapkan dari ASIIN ini, Unesa dapat terus melangkah maju disegala aspek pendidikan dan ilmu pengetahuan, sehingga dapat mengembangkan mahasiswa yang berdaya saing secara nasional dan global. (Hasna/Meds)