27 October 2020


Unesa.ac.id - Salah satu Key Performance Indicator (KPI) sebagai PTN Badan Layanan Umum (BLU) adalah memiliki Jurnal Internasional yang terindeks global. Oleh karena itu, Unesa melalui Pusat Publikasi Ilmiah di bawah naungan Lembaga Penelitian dan Pengadian kepada Masyarakat (LPPM) melakukan pendampingan, monitoring, evaluasi pada Jurnal
Internasional yang dimiliki dengan berkoordinasi bersama tim Jurnal internasional terindeks bereputasi dari Kemenristek/BRIN.
Bedasarkan hal tersebut, tahun ini salah satu jurnal yang dimiliki Unesa dinilai telah siap untuk didaftarkan ke pengindeksan internasional. Jurnal tersebut adalah jurnal Al-Uqud.
Al-Uqud sendiri merupakan Jurnal Internasional Ekonomi Islam yang menyediakan forum untuk mempublikasikan penelitian berkualitas di bidang ekonomi dan bisnis islam, serta perbankan dan keuangan islam. Jurnal ini telah bekerja sama dengan Majelis Sarjana Ekonomi Islam (MASEI) atau Masyarakat Indonesia untuk Ekonomi Islam.
Selain itu, Al-Uqud telah terakreditasi oleh Akreditasi Jurnal Nasional (ARJUNA) yang dikelola oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi RI dengan peringkat I (peringkat 2/sinta2) sejak tahun 2019.
Kegiatan pengumpulan borang pendaftaran (submission Al-Uqud to scopus) tersebut dilakukan langsung oleh Rektor Unesa, Prof. Dr. Nurhasan, M.Kes, (26/10). Dilakukan di Ruang Jamuan Rektor lantai 8 Gedung Rektorat, kegiatan ini dilakukan secara dual mode, yakni luring dan daring.
“Ini komitmen, ada beberapa harapan dari kegiatan ini. Oleh karena itu jurnal ini harus dikawal. Bagi tim jurnal, sering-sering melakukan koordinasi. Siapkan apa-apa saja yang dibutuhkan. Pokoknya konsisten,” ujar Nurhasan. (ay)