03 September 2020


Unesa.ac.id-Surabaya, Berkembangnya kemajuan teknologi, menjadi tantangan tersendiri bagi lulusan pendidikan tinggi. Inisiasi program kampus merdeka yang dicanangkan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) makin memperbesar tanggung jawab beberapa perguruan tinggi untuk menghasilkan lulusan yang unggul dan siap kerja. Universitas Negeri Surabaya (Unesa) tertarik dan menyediakan program pendidikan vokasi (sarjana terapan) jenjang Diploma IV (D4).
“Disetujuinya izin pembukaan 10 program studi sarjana terapan menjadi jalan awal bagi Unesa untuk menyiapkan lulusan yang diharapkan mampu survive di dunia kerja,” kata Rektor Unesa, Prof. Dr. Nurhasan, M.Kes., pada Rabu (12/8/2020) usai melakukan tasyakuran di Laboratorium Merdeka Belajar Unesa.
Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof. Dr. Bambang Yulianto, M.Pd. mengungkapkan, Prodi Sarjana Terapan merupakan bentuk transformasi dari Program D3. Pendidikan vokasi semacam ini menjadi menarik karena pemerintah hadir dan memberikan perhatian khusus.
Nantinya, lanjut Bambang, program ini akan dikemas dengan sistem multi entry multi exit. Artinya, mereka (mahasiswa Sarjana Terapan) yang menempuh kuliah semester empat, diharapkan sudah memililki sertifikat kompetensi tertentu.
”Yang agak membedakan dengan sarjana reguler adalah lulusan ini memiliki sertifikasi-sertifikasi kompetensi yang bisa dipakai untuk bekerja di dunia industri maupun yang lain,” tandas Bambang.
Sementara itu, Ketua SPMB Unesa tahun 2020, Dr. Ari Wahyudi, M.Si., menambahkan mengenai prosedur pendaftaran. Bagi peminat Prodi Sarjana Terapan Unesa, pendaftaran akan dibuka dua gelombang. Gelombang pertama dilaksanakan bersamaan dengan pendaftaran Prodi Sarjana, sementara gelombang kedua dilaksanakan setelah adanya pengumuman TMUBK pada 3 September 2020.
“Untuk gelombang pertama, peserta bisa memilih mendaftar melalui jalur reguler atau jalur prestasi khusus sarjana terapan sesuai dengan tanggal yang sudah ditetapkan. Sedangkan peserta gelombang kedua, hanya bisa memilih jalur TMUBK yang dilaksanakan secara daring dengan melakukan pendaftaran pada tanggal 3 hingga 9 Agustus 2020. Sementara,” jelasnya.
Tahun ini, kata Ari, Unesa resmi membuka Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) Program Sarjana Terapan. Ada 10 Program Studi (Prodi) yang disediakan. Tujuh Prodi ada di Fakultas Teknik (FT) meliputi, D4 Teknik Listrik, D4 Manajemen Informatika, D4 Teknik Mesin, D4 Teknik Sipil, D4 Teknik Transportasi, D4 Tata Boga, dan D4 Tata Busana.
Sementara tiga yang lain, D4 Desain Grafis di Fakultas Bahasa dan Seni (FBS), D4 Kepelatihan Olahraga di Fakultas Ilmu Olahraga (FIO), serta D4 Administrasi Negara di Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum (FISH).
“Kuota ini (Prodi Sarjana Terapan) sangat besar untuk diperebutkan, masing-masing prodi mendapat 40 kuota, kecuali prodi administrasi negara, yakni 90 kuota. Unesa selalu menunggu putra putri yang belum berhasil masuk melalui jalur SNMPTN maupun SBMPTN,” pungkas Ari. (ay)