23 August 2020


Unesa.ac.id, Surabaya - Tim Unesa berhasil menyapu bersih lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional (LKTI) yang disenggarakan di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Unesa.Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional dengan tema ‘Meningkatkan Peran Milenial dalam Optimalisasi Pengembangan Potensi Negeri di Masa Pandemi Covid-19’ ini diikuti tim dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia.
Ruri, panitia kegiatan mengatakan, ada tujuh sub tema dalam lomba ini, yakni teknologi informasi dan komunikasi, teknologi pangan, pendidikan, sosial budaya, ekonomi, lingkungan, dan yang terakhir kesehatan dan penyakit. Sementara untuk tahapannya, ada dua tahap. Pertama, tahap desk evaluation oleh tim review yang terdiri dari tiga juri yakni Prof. Sari Edi Cahya Ningrum, M.Si, Nadi Suprato, dan Dra. Isnawati, M.Si. "Untuk tahap kedua adalah presentasi oleh 10 tim terpilih, yang dilaksanakan pada tanggal 18-19 Agustus 2020 melalui aplikasi zoom meeting conference," terang Ruri.
Dalam perlombaan tersebut, terang Ruri, tiga tim Unesa berhasil meraih juara 1, 2, dan 3. Sedangkan untuk juara harapan 1 diraih oleh Institut Teknologi Sepuluh November dan juara harapan 2 diraih oleh Universitas Jember."Total peserta 97 tim dari berbagai PTN/PTS seperti Universitas Pamulang, Universitas Padjadjaran, Universitas Airlangga, Universitas Muhammadiyah Malang, dan sebagainya," ungkapnya.
Tim Unesa yang meraih juara 1 mengangkat judul ‘Rancang Bangun Platform Kampoengku.com sebagai Virtual Tourism and e-Market Place Berbasis Kampung Kota Surabaya guna Menopang Perekonomian pada Era New Normal’.Sementara, juara 2 dengan judul ‘Potensi Tanaman Tempuyung (Sonchus arvensis L.) sebagai Penghambat Glikoprotein 2019-nCoV Kode 6VSB’. "Dan, juara 3 dengan judul ‘Kajian dan Rancangan Sistem Penanganan Zat Warna Azo pada Limbah Industri Tekstil dengan Metode Kombinasi Adsorpsi Biodegradasi Fotokatalisis Berbasis Pemanfaatan Potensial Lokal," jelas Ruri.
Untuk juara harapan 1 dan harapan 2 masing-masing dengan judul ‘ISBI (Inovasi Susu Biji Trembesi/ Samanea saman) sebagai Upaya dalam Memanfaatkan Biodiversitas Indonesia Melalui Inovasi Diversifikasi Pangan yang Bergizi dan Ekonomis di Era Pandemi Covid-19’ dan ‘Efektivitas Senyawa Tanin pada Kulit Kayu Bakau Merah (Rhizophora mucronata Lamk) sebagai Hand Sanitizer (Antiseptik)’.Pengumuman pemenang Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional diinformasikan melalui WA Group peserta dan juga di instagram @bemfmipa_unesa pada tanggal 22 Agustus 2020. (aida/sir)