10 July 2020


Unesa.ac.id, Surabaya - Untuk membekali mahasiswa dalam hal kewirausahaan, Kamis (9/7), Unesa Career Center menggelar webinar kewirausahaan yang sekaligus menjadi Pembekalan Program Mahasiswa Wirausaha. Acara ini menghadirkan dua orang narasumber, yaitu Cakra Negara, ketua TDA dan owner Cafe Taman Pinus dan Raya Sulistyowati, S. Pd, M. Pd, dosen Fakultas Ekonomi Unesa.
Untuk proses PMW 2020, ada 773 proposal PMW yang masuk tahap awal seleksi. Dari jumlah itu, tim kewirausahaan Unesa Career Center memilah kembali menjadi 235 untuk mengikuti seleksi tahap kedua. Dan, pada tahap akhir, terdapat 72 judul yang lolos memperoleh pendanaan dari Unesa.
“Dunia bisnis begitu cepat berubah dan sulit ditebak. Dulu perubahan bisnis terjadi antara 10-20 tahun, namun sekarang hanya dalam hitungan bulan bahkan hari, situasi bisnis bisa berubah begitu saja,” terang Cakra Negara.
Berbicara mengenai bisnis, Cakra Negara yang merupakan ketua TDA dan owner Cafe Taman Pinus di Malang ini memberikan pengetahuan serta formula agar bisnis tidak bangkrut dan terus bertumbuh. Karena menjalani bisnis memang tidak mudah dan harus mempelajari ilmunya dengan baik dan benar.
Acara kemudian dilanjutkan dengan menghadirkan narasumber kedua yang merupakan dosen FE Unesa, Raya Sulistyowati. Banyak hal yang Raya sampaikan, salah satunya ialah tentang peran packaging dalam marketing Kewirausahaan. “Konsumen membutuhkan sesuatu yang sehat, unik, dan baru.” Hal ini tentu penting agar suatu produk dapat diminati oleh banyak orang.
Raya juga memberitahukan tentang Sales Promotion agar mahasiswa dapat menjual produknya dengan tepat. Sebagai contoh yaitu memberi benefit kepada pembeli berupa kupon member atau sebagainya.
Pada kondisi pandemi saat ini, terang Raya memberikan peluang baru, problem yang butuh solusi masif. Beradaptasi dengan new normal, mengalami gelombang tren baru dan mencoba mamanfaatkan keadaan dengan baik agar ekonomi bisa terus meningkat.
Webinar ini memberitahukan kepada mahasiswa bahwa produk sekecil apapun dapat berguna, dan Unesa Career Center akan membantu menyampaikan dan menjualkannya. (pai/sir)