20 May 2020


Unesa.ac.id-Surabaya, Rabu (20/05) Pusat Studi Literasi LPPM Unesa untuk ke sekian kalinya gelar acara “Literasi Akademis dalam Pendidikan”. Dalam sarasehan seri ke empat ini Literasi yang diangkat bertema Finansial dengan topik bahasan “Literasi Keuangan bagi Generasi Milenial di Masa Pandemi Covid-19” dengan narasumber Dr. Susanti, M.Si., yang juga menjabat sebagai Wakil Dekan Bidang Umum dan Keuangan serta Dosen Manajemen Keuangan FE Unesa, R.A. Sista Paramita, S.E., M.Si., dengan dimoderatori oleh Listyaningsih, S.Pd., M.Pd.
Acara yang disiarkan melalui Zoom dan Youtube ini berlangsung pada pukul 10.00 s.d. 12.00 WIB dan diikuti lebih kurang 180 peserta yang meliputi mahasiswa, dosen, guru SMA/SMK maupun Umum. Rektor Unesa, Prof. Dr. H. Nurhasan, M.Kes., juga turut hadir dan sekaligus membuka acara ini.
Dalam pemaparannya, narasumber pertama menjelaskan terkait pentingnya finansial literasi dan finansial teknologi pada era pandemi covid-19. Menurut Susanti, literasi tidak hanya pada membaca saja, tetapi sudah ‘melek’, mengelola, menabung, dan investasi terkait dengan keuangan. Perlu adanya edukasi sejak dini dari keluarga dalam mengenalkan dan memahami literasi keuangan sendiri kepada anak-anak agar dapat mengelola keuangan dengan baik.
“Mulai dari keluarga kita ajari anak kita menabung untuk pembiasaan,” ungkap Susanti.
Susanti juga menuturkan penting adanya pilihan prioritas dan mengedepankan kebutuhan dibanding keinginan apalagi di era covid-19 saat ini.
Dilanjutkan dengan materi kedua. Dalam pemaparannya, Sista Paramita, menyampaikan literasi keuangan generasi milenial dan tantangan new-normal pasca covid-19. Sista menjelaskan bahwa dalam menghadapi pandemi covid-19 ini, kehidupan sosial setidaknya akan mengalami 4 new normal.
“Masyarakat akan cenderung stay @home lifestyle yakni lebih banyak beraktivitas didalami rumah, empathic society karena banyaknya korban covid membuat empaty semakin meningkat, Go Virtual yakni menghindari kontak fisik dengan menggunakan media digital atau virtual dan terakhir Bottom Of The Pyramid, yakni aktualisasi diri begeser pada dasar piramida yakni memprioritaskan kebutuhan pokok, makanan dan keamanan jiwa,” jelas Sista.
Acara sarasehan literasi finansial ini ditutup dengan sambutan sekretaris LPPM Unesa, Dr. Oce Wiriawan, M.Kes. Oce menuturkan apa yang telah didiskusikan tadi merupakan strategi dalam menghadapi pandemi covid-19 ini. “Bahkan literasi finansial menjadi pondasi yang kuat dalam menempa ketahanan hidup kita dalam menghadapi pandemi yang berdampak pada ekonomi dari tingkat individu hingga global, terang Oce.
Ia berharap apa yang disampaikan dalam diskusi ini menjadi panduan untuk menghadapi hari-hari kedepan.
Peserta Sarasehan, Khusnul Khuluq, S.Pd., dari SMKN 1 Cerme Gresik juga memberikan apresiasi. Menurut Khusnul, “Kegiatan sarasehan dengan tema literasi keuangan ini sangat bermanfaat dan bermutu karena bisa menjadi bekal bagi peserta, terutama pendidik dan orang tua, mengajarkan secara baik, bijak, efektif, dan efisien tentang keuangan/finansial. Peserta juga bisa melakukan instrospeksi diri bagaimana manajemen keuangan yang sudah dilakukan, sudah tepatkah? sudah efektif dan efisienkah?. sungguh bermanfaat sarahsehan ini.” (QQ) .