30 October 2019


Unesa.ac.id, Surabaya - Lomba Karya Teknologi Nasional 2019 (LKT 2019) tahun ini bertempat di Kaza City Mall Surabaya sebagai salah satu sponsorship yang telah bekerja sama dengan HMJ Teknik Elektro Fakultas Teknik sejak 4 tahun lalu. Acara yang digelar mulai tanggal 26-27 Oktober 2019 ini diikuti lebih dari 100 tim yang berasal dari Jawa Timur, Yogyakarta, Bali, Jakarta, bahkan dari Palangkaraya. LKT adalah program kerja HMJ Teknik Elektro yang rutin digelar tiap tahunnya dan tahun ini genap berusia 10 tahun.
Untuk cabang perlombaan ada 3 lomba yakni Lomba Robotic, Programable Logic Controller dan Lomba Karya Tulis Ilmiah. Cabang Lomba Robotic terdapat 4 divisi perlombaan, yakni untuk SD Robot Transporter, SMP Robot Tansporter dan Line Tracer Analog, SMA/SMK/MA Tansporter dan Line Tracer Micro, dan untuk Umum Battle Bot (Robot Sumo). Pada cabang lomba PLC terdapat 2 devisi yakni untuk SMA/SMK dan Mahasiswa. Untuk PLC cabang Mahasiswa peserta yang mengikuti dari universitas ternama di Surabaya seperti PENS, POLINEMA,PPNS, ITS, bahkan ada yang dari luar Jawa Timur yakni UNY dan Universitas Mercu Buana Jakarta. Andrean Rangga Kusuma salah satu peserta mahasiswa dari PENS cabang PLC mengatakan senang dalam mengikuti perlombaan ini dan harapan kedepannya semoga penyebaran informasi lomba lebih luas agar peserta lebih banyak. Untuk cabang yang terakhir adalah Lomba Karya Tulis Ilmiah untuk siswa SMA/SMK sederajat.
LKT 2019 ini mengusung tema “Light Up Our Mind With Technology”. “Harapannya dalam kegiatan ini untuk teman-teman kalangan muda, dewasa, dan tingkat lanjut harus melek teknologi untuk mempersiapkan diri menyongsong Industri 4.0 dan membuka wawasan para peserta sekaligus pembina agar lebih bersemangat lagi untuk mengembangkan teknologi”, Ujar M. Aldo Karunia Saputra sebagai Ketua Pelaksana.
Selain acara LKT 2019 yang di adakan di Kaza City Mall Surabaya ini ada 2 acara lagi yakni Workshop dan Seminar Nasional sebagai rangkaian acara LKT 2019. Untuk workshop ada 2 yakni workshop arduino dan workshop PLC yang telah dilaksanakan pada tanggal 13 Oktober 2019 bertempat di Kaza City Mall. Sebagai penutup serangkaian acara adalah Seminar Nasional Generasi Kreatif Berteknologi yang akan diadakan pada 10 November 2019 bertempat di E1 Lt. 3 Unesa Ketintang. Seminar Nasional ini menghadirkan salah satu Youtuber ternama yang sudah tidak asing lagi bagi anak teknik khususnya yakni Anak Agung Duwi Arsana. (Nea/why)