30 September 2019


Unesa.ac.id, Surabaya - Untuk menunjang peningkatan mahasiswa dalam membangun wirausaha yang kreatif guna memanfaatkan era digital sekarang, Jurusan Fisika menggelar National Entreprenurship Talkshow, Sabtu (28/9). Dengan mengangkat tema “Building The Spirit of Creative Entrepreneurship In Global Competition”, pihak penyelenggara mendatangkan tiga pembicara yang sangat digandrungi oleh anak muda sekarang sebab figure nya yang sangat inspiratif. Eka Gustiwana (Content Creator), Bobby Alexander (Regional Sales Manager Reddoorz) dan Syafira Devani Putri (Admin Official Account Kulinersby). Mereka para pembicara datang dari bidang wirausaha yang berbeda-beda seperti content creator, pebisnis property dan influencer dibidang kuliner. Sehingga mampu memberikan informasi yang lebih beragam bagi mahasiswa untuk dapat memilih bidang usaha yang sesuai dengan keinginan serta kapasitas diri mereka.
Acara yang dikemas dengan gaya talkshow yang ringan, membuat para peserta yang datang begitu menikmati informasi-informasi yang didapatkan. Dalam kesempatan ini kepala jurusan fisika Dr. Munasir, S.Si., M.Si. menuturkan kegiatan talkshow ini akan mampu mendorong mahasiswa untuk memilah dan memilih profesi pekerjaan, yang baru akan bermunculan sesuai kapasitas dan kemampuan diri. “Derasnya arus informasi yang harus disikapi dengan baik, perlu menghadirkan orang-orang yag berpengalaman dibidangnya. Dengan datangnya para pemateri ini mampu membuka wawasan para mahasiswa akan ilmu baru”, Ujarnya.
Acara yang berlangsung di Gema, Kampus Ketintang ini dihadiri 420 orang peserta yang tergolong melebihi batas kuota yang ditentukan panitia. Peserta berasal dari mahasiswa Unesa maupun luar Unesa diantaranya ITS, Unair, UPN Jatim, Uinsa, UWK, Universitas Ciputra Surabaya, Umsida, Uisi Gresik, Polije serta masih banyak lagi deretan universitas lain. Sangat terlihat bahwa National Entrepreneurship Talkshow ini begitu menarik perhatian mahasiswa dari luar daerah.
Muhammad Aris mahasiswa asal Umsida yang menggeluti bidang wirausaha fotografi, mengaku sangat tertarik dengan penyelenggaraan acara talkshow ini. “Saya datang ke acara ini karena satu visi dengan bidang yang saya geluti sekarang, Saya rasa dengan datang langsung seperti ini dan bertemu dengan pembicara bang Eka Gustiwana bisa terinspirasi dan menemukan ide-ide baru setelah ini,” tuturnya.
Serupa dengan pernyataan tersebut, Iva mahasiwa dari jurusan Fisika Unesa, menuturkan tertarik mengikuti acara ini karena dirinya sedang mulai mempersiapkan bidang wirausaha baru. Pembicara yang didatangkan banyak membagikan ilmu-ilmu baru dalam bidang berwirausaha seperti tips-tips maupun pengalaman hidup mereka. “Banyak hal-hal baru yang saya dapatkan setelah mengikuti acara ini,” jelas Iva.
Tantangan dalam era digitalisasi saat ini menuntut banyak pelaku usaha untuk dapat mampu tetap bersaing. Membutuhkan inovasi serta kreatifitas yang tinggi agar bidang usaha yang dijalani dapat mampu bertahan disamping menjamurnya berbagai bidang usaha lainnya. Eka Gustiwana salah satu pembicara dalam acara ini berpesan bahwa kunci kesuksesan dalam bidang berwirausaha adalah mampu konsisten dan terus menggali ide-ide baru. “Tips sukses yang tidak boleh kita lupakan selanjutnya adalah orang dalam, maksudnya relasi. Bertemanlah dengan siapapun dari dibidang apapun itu penting. karena merekalah yang akan membantu dan berdampak baik pada diri kita nantinya,” tambahnya.
Selaras dengan hal tersebut Kedua pembicara lainnya Bobby Alexander dan Syafira Devani Putri menyebutkan bahwa pencitraan diri dalam berwirausaha sangat diperlukan. Sebab dengan cara seperti itu akan memunculkan banyak relasi yang mampu mendorong keberhasilan dalam usaha kita. Pencitraaan diri yang dapat dilakukan adalah dengan membekali diri dengan pengetahuan yang luas serta terampil dalam ilmu berkomunikasi. Sebagaimana output yang diharapkan penyelenggara yakni mahasiswa dapat memanfaatkan perkembangan era digitalisasi saat ini dalam bidang berwirausaha khususnya dengan semaksimal mungkin. (yuris/why)