29 September 2019


Unesa.ac.id, Surabaya - Sabtu, 27 September 2019 Tim PPM Unesa beserta seluruh jajaran petinggi univesitas maupun fakultas melaksanakan Monitoring Evaluasi (Monev) Progres Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) Program Hibah Asuh PT Unggul dan sosialisasi IAPS 4.0 (Instrumen Akreditasi Program Studi) di Universitas PGRI Banyuwangi (Uniba). Kegiatan ini sebagai bentuk memonitor ketercapaian dokumen SPMI di Uniba setelah mendapat pendampingan dari Unesa serta melakukan pemantauan pelaksanaan audit internal dan mensosialisasika instrumen akreditasi program studi 4.0 BAN PT.
Sebelumnya pada bulan Mei lalu telah diumumkan bahwa Penjaminan Mutu Unesa menerima hibah batch 2 Program asuh PT unggul dari Belmawa Kemenristek Dikti. Sebulan berikutnya dilaksanakan deklarasi mutu antara Unesa sebagai PT unggul dengan PT Swasta Asuhan diantaranya ada Uniba Banyuwangi, Unila Lamongan, Unisda Lamongan, dan STKIP Dompu NTB.
Pada tanggal 27-29 September 2019 ini dilaksanakan monev untuk mengetahui progres yang telah dilaksanakan oleh PT Asuh yakni Uniba Banyuwangi, dengan harapan akan terjadi proses pendampingan untuk menyempurnakan dokumen mutu berbasis SPMI yang dibuat oleh tim Penjamin Mutu Uniba. Sebagai info, pada waktu-waktu sebelumnya telah dilaksanakan tiga kali monev ke Unisda dan Unila Lamongan, sementara untuk STKIP Al Amin Dompu akan dilaksanakan pada pertengahan Oktober 2019.
Sementara itu Ketua Bidang Penjaminan Mutu Unesa Prof. Mega Teguh Budiarto., M.Pd., berharap dengan pendampingan ke 4 PT Swasta Asuh dapat membagi pengetahuan dan pengalaman tentang Sistem Penjaminan Mutu Internal. Selain itu Unesa juga akan selalu memberikan secara maksimal segala pengetahuan terkait bidang tersebut untuk keberhasilan ketercapaian Program Hibah Asuh PT Unggul dan IAPS 4.0.
“Pada batch 1 dan 2 kami selalu terus memantau ketercapaian program Hibah Asuh PT Unggul dan IAPS 4.0 di PT Swasta Asuh. Tentunya dengan terselenggaranya kegiatan ini dapat menjadi citra positif Unesa serta memperluas jaringan kerjasama antar Perguruan Tinggi,” Ujar Prof. Mega
Sementara itu menurut Rektor Uniba, Dr. Sadi sangat mengapresiasi kegiatan ini dan berterima kasih kepada Unesa yang terus berupaya mendampingi PT Asuh Swasta dalam ketercapaian kerja Penjaminan Mutu Internal.
“Kami sangat berterima kasih dengan Unesa yang telah membimbing kami dalam melaksanakan Penjaminan Mutu Internal khususnya yang ada di Uniba. Mulai dari pelatihan audit internal perguruan tinggi, evaluasi, dan menyusun lapaoran hasil magang audit dapat menjadi bahan wawasan berharga untuk kami,” ungkap Dr. Sadi. (why)