15 May 2019


Unesa.ac.id - Surabaya, Unesa, melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) menyelenggarakan kegiatan Workshop Manuskrip Klinik Artikel Ilmiah Batch 1, (15/5). Kegiatan tersebut bertujuan untuk memberikan bekal kepada dosen dalam membuat manuskrip dan artikel yang siap dipublikasikan di jurnal internasional bereputasi. Hal ini berkaitan dengan salah satu syarat kenaikan pangkat suatu dosen dan ranking lembaga dengan mempublikasi jurnal internasional yang terindek scopus.
Diselenggarakan di Ruang Auditorium LPPM Lantai 6, Gedung Rektorat Kampus Lidah Wetan Surabaya, kegiatan yang dibuka langsung oleh Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof. Dr. Bambang Yulianto, M.Pd., ini diikuti oleh 51 peserta dari dosen selingkung Unesa dan 3 mahasiswa S-3. Bambang berharap, melalui kegiatan ini akan terjalin sinergi yang baik demi kemajuan Unesa. “Untuk mencapai target kinerja Rektor, dosen adalah garda depan untuk meningkatkan ranking Unesa melalui publikasi jurnal internasional. Mudah-mudahan kita semua dapat bersinergi untuk memajukan Unesa,”ungkapnya.
Dalam kegiatan tersebut, peserta diajarkan tentang penulisan artikel dan manuskrip secara lebih rinci melalui materi yang disampaikan oleh narasumber. Ada 4 materi yang diberikan, materi yang pertama mengenai “Mengenal Gaya Penulisan secara Umum” disampaikan oleh Prof. Dr. Tukiran, M.Si., dan Dr. Pratiwi Retnaningdyah, Ph.D., materi ke-2 mengenai “Simulasi Journal Finding” disampaikan oleh Nadi Suprapto, Ph.D., dilanjutkan materi ke-3 terkait “Variasi Format Manuskrip per bidang, Sains dan Teknologi, dan Sosial Humaniora” yang disampaikan oleh Dr. Elly Matul Imah, M.Kom., dan Tsuroyya, S.S., M.A., dan materi terakhir terkait “Isu Bahasa” yang disampaikan oleh Syafiul Anam, Ph.D.
Peserta workshop terbagi menjadi dua kelompok, yakni kelompok pemula dan lanjut. Kelompok pemula yakni peserta yang baru saja mengikuti kegiatan serta praktik penulisan, sedangkan kelompok lanjut yakni peserta yang sudah membuat manuskrip dan merevisi kekurangan dalam penulisanya. Dalam kelompok tersebut juga terbagi menjadi kelas natural scinces and education dan sosial scinces and humanities. Kegiatan diakhiri dengan sesi diskusi dan revisi untuk mengetahui hasil manuskrip siap submite. (tni/ay)