12 April 2019


Unesa.ac.id, Surabaya – Dalam rangka pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) yang akan dimulai pekan ini, Unesa sebagai pelaksana UTBK melakukan koordinasi bersama mitra. Kegiatan ini dibagi menjadi 3 hari pelaksanaan, yakni Hari Senin, 8 April di Auditorium Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) lantai 6 Gedung Rektorat, dilanjutkan Hari Rabu, 10 April di Ruang Sidang BAKPK lantai 2 Gedung Rektorat, serta Hari Kamis, 11 April di Gedung O5 Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) lantai 3 dan Auditorium lantai 3 Fakultas Teknik (FT).
Pada Koordinasi pertama, rapat dipimpin langsung oleh Drs. Slamet Setiawan, M.A., Ph.D., selaku Koordinator UTBK Unesa dengan didampingi oleh Kepala Bagian Akademik BAKPK, Sugeng Waluyo, S.Pd., S.ST., dan I Gusti Lanang Putra Eka Prisma, S.Kom., M.Kom., selaku Kepala UPT Pusat Pengembangan Teknologi Informasi (PPTI) Unesa. Mitra Unesa meliputi Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (UINSA) Surabaya, Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (UNUSA), SMKN 1 Surabaya, dan SMKN 12 Surabaya.
Dalam pemaparannya, Slamet menyampaikan jika persiapan UTBK sudah berjalan dengan baik. Panitia bahkan sudah melakukan cek lokasi, baik di lingkungan Unesa maupun mitra.
Sementara itu, persiapan yang dilakukan sampai saat ini adalah mencetak tata tertib, surat keputusan, dan lain-lain. Slamet juga menuturkan jika 3080 kuota yang dimiliki Unesa sudah terisi penuh, 57 dari kuota tersebut disediakan khusus untuk anak difabel.
Bagi anak difabel yang sudah mendaftar, nantinya akan melaksanakan UTBK di Gedung Rektorat lantai 3, Kampus Unesa Lidah Wetan. Hal tersebut sesuai aturan, bahwa bagi anak difabel, pelaksanaan tes harus dilaksanakan di lokasi penyelenggara.
Pada koordinasi hari berikutnya, pengarahan disampaikan oleh I Gusti Lanang Putra Eka Prisma, S.Kom., M.Kom. Dalam koordinasi ini, pengawas dan teknisi yang merupakan civitas academica, serta guru dari sekolah mitra mendapatkan materi terkait kebijakan dan sistem saat pelaksanaan UTBK.
Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof. Dr. Bambang Yulianto, M.Pd., yang hadir pada koordinasi di Auditorium lantai 3 FT mengucapkan terima kasih kepada pimpinan mitra Unesa yang bersedia menyediakan tempat untuk pelaksanaan UTBK, serta segenap panitia yang bertugas.
Karena ini adalah kali pertama pelaksanaan UTBK, banyak hal yang harus disiapkan, termasuk antisipasi kendala yang muncul saat pelaksanaan UTBK. Harapannya, ke depan pelaksanaannya bisa semakin baik (sh/tni/ay)