25 February 2019


Unesa.ac.id, Surabaya – Sejumlah 238 pelajar yang berasal dari dua SMA, yakni SMAN 1 Pandaan Pasuruan dan SMAN 1 Mantup Lamongan melakukan kunjungan ke Unesa untuk menambah wawasan dan motivasi melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.
Rombongan yang dipimpin oleh Drs Mu’alim, koordinator rombongan dari SMAN 1 Pandaan dan Drs. Ali Nurdin, M.Pd., selaku kepala sekolah SMAN 1 Mantup diterima baik oleh Kepala Bagian Akademik Biro Akademik, Kemahasiswaan, Perencanaan, dan Kerja Sama (BAKPK), Sugeng Waluyo, S.Pd., S.ST., Wakil Dekan Bidang Akademik Fakultas Ekonomi (FE), Susi Handayani, S.E., Ak., M.Ak, serta perwakilan dari Humas Unesa, Vinda Maya Setianingrum, S.Sos., M.A., di Auditorium LP3M Unesa Kampus Lidah Wetan, Kamis (21/2).
Dalam kunjungan tersebut, Drs. Ali Nurdin mengungkapkan kunjungannya kali ini bertujuan agar minat para siswa untuk melanjutkan studi setelah lulus nanti bisa bertambah. Sekolah yang baru kali pertama berkunjung ke Unesa ini mengikutsertakan seluruh kelas XI. Alasannya, agar mereka bisa mempersiapkan diri untuk melanjutkan ke pendidikan tinggi. “Semua siswa di sekolah kami harus punya cita-cita kuliah. Soal biaya jangan khawatir, di PTN sudah banyak menyediakan beasiswa,” tutur Ali Nurdin.
Di sisi lain, Drs Mu’alim selaku koordinator rombongan dari SMAN 1 Pandaan menjelaskan, ada 40 siswa kelas XII yang ikut sudi kampus kali ini. Menurutnya, mereka memilih Unesa sebagai pilihan pertama dalam melanjutkan ke PTN. “Ini merupakan program pertama kali untuk mengenalkan dunia kampus. Para siswa perlu info tentang prodi atau jalur masuk di Unesa. Semoga tahun depan peminat yang mendaftar di Unesa semakin bertambah,” jelas Mu’alim.
Menanggapi ada siswa kelas XI dan XII yang menjadi peserta kunjungan, Susi Handayani memberikan nasihat agar mereka punya keinginan dalam melanjutkan ke perkuliahan. “Untuk Kelas XII, mereka sudah harus memutuskan ingin kuliah dimana. Sedangkan untuk kelas XI, mereka harus menentukan masa depan apakah mau kuliah atau tidak,” jelas Susi. Menurutnya, menempuh pendidikan S1 bukan hal yang mudah. Apalagi untuk memilih prodi yang sesuai, harus memerlukan perencaaan yang matang. “Untuk jenjang S1 harus menempuh pendidikan minimal 4 tahun, jadi jangan sampai salah memilih jurusan. Pemilihan prodi/jurusan juga harus disesuaikan dengan kemampuan, jangan memilih prodi dengan alasan ikut-ikutan teman,” imbuhnya. (Suryo/ay)