20 November 2018


Universitas Negeri Surabaya (Unesa) menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dengan HAN University of Applied Sciences, Netherlands dalam acara wisuda Unesa yang ke-93 di GOR Bima kampus Lidah Wetan (17/11). Kerja sama tersebut dalam rangka peningkatan sumber daya manusia berstandar Internasional.
Rektor Unesa Prof. Dr. Nurhasan, M.Kes mengatakan bahwa kerja sama itu merupakan salah satu ikhtiar perluasan jaringan dan peningkatan kualitas SDM berstandar internasional. Tidak hanya bagi tenaga pengajar, namun juga melibatkan para mahasiswa. Bisa dalam bentuk pertukaran pengajar maupun pelajar.
Kerja sama itu meliputi, bidang pendidikan dan penelitian. Selain itu juga dalam bentuk seminar akademik dan publikasi ilmiah yang tentunya merupakan peluang bagi Unesa mendapat hak paten akademik yang bisa diakui dunia. Nurhasan menjelaskan bahwa selama ini sudah melakukan kerja sama dengan banyak kampus luar negeri.
“Semakin banyak jaringan kerja sama, maka semakin punya banyak kesempatan untuk sama-sama belajar dan meningkatkan kualitas, karena kualitas tidak ada batasnya dan harus terus ditingkatkan,” tegas Nurhasan. Dalam waktu dekat akan melakukan kerja sama dengan beberapa kampus dari berbagai negara, termasuk Belgia. “Dengan kerja sama tersebut, Unesa bisa memiliki jaringan kerja sama yang luas, dan bisa setara dengan kampus-kampus lainnya di dunia,” ujar Nurhasan.
MoU berlangsung di acara wisuda. Penandatanganan langsung oleh Rektor Unesa Prof. Dr. Nurhasan, M.Kes dan Presiden HAN University of Applied Sciences Dr. Kees Boele. Kerja sama global itu disaksikan sekitar 1447 wisudawan dan wisudawati serta para tamu undangan.
Di wisuda periode 93 ini, Unesa meluluskan 83 mahasiswa diploma tiga (D3), 1226 dari mahasiswa strata satu (S1), sebanyak 114 mahasiswa dari dari strata dua (S2), dan 22 mahasiswa dari Strata tiga (D3).
Prof. Dr. Nurhasan, M.Kes optimis, lulusan Unesa yang diwisuda adalah generasi unggul dan profesional secara keilmuan dan cakap secara keterampilan. Rektor berharap, generasi hebat yang merayakan kelulusannya itu, bisa memberi kontribusi positif terhadap peningkatan kecerdasan dan kesejahteraan masyarakat. “Ilmu yang baik adalah ilmu yang bermanfaat bagi kita sendiri, juga bagi masyarakat sekitar dan memberi nilai tambah bagi kemajuan bangsa dan negara,” pungkas Rektor. (vin/why)