04 February 2023


Unesa.ac.id, SURABAYA–Rektor Universitas Negeri Surabaya (UNESA) menyampaikan sejumlah visi yang harus tercapai dalam masa kepemimpinannya, ‘salah duanya’ yaitu internasionalisasi program dan peringkat internasional yang harus naik 500 ke atas (500-1). Hal ini disampaikan dalam pelantikan pejabat baru selingkung UNESA periode 2023-2027 di Auditorium, Lantai 11, Gedung Rektorat, Lidah Wetan, Surabaya pada Jumat, 3 Februari 2023.
Pelantikan kali ini khusus jajaran pejabat setingkat direktur, wakil dekan, wakil direktur, sekretaris lembaga, koordinator program studi, dan kepala laboratorium. Rektor Unesa, Prof. Dr. Nurhasan, M.Kes., menyampaikan bahwa setelah menyandang PTN BH, UNESA harus berlari kencang dan melakukan penguatan di segala lini.
“Untuk mencapai itu diperlukan kerja sama, keras, cerdas dan ikhlas. Seluruh pejabat harus tangguh, berani membuka diri, berkolaborasi, dan terus aktif berkomunikasi 24 jam penuh. Jika kita ingin UNESA semakin satu langkah di depan, ya itu konsekuensinya yang harus ditanggung para pimpinan ke depan,” ucapnya semangat.
Predikat PTN BH yang telah diraih UNESA menuntut pimpinan melakukan optimalisasi, efisiensi dan penguatan SDM lembaga pada peningkatan dan pencapaian indikator kinerja utama (IKU). Maka dari itu, Cak Hasan berpesan bahwa diperlukan sebuah ekosistem kampus yang kondusif dan informatif guna mendukung visi lembaga tersebut.
Terutama di era arus informasi yang bertebaran ini tidak hanya perihal komunikasi saja, melainkan publikasi atas prestasi yang diraih oleh lembaga, perlu dilakukan branding khusus agar lebih dikenal luas oleh masyarakat. Para pimpinan diwajibkan untuk menguasai teknologi, peka terhadap perubahan zaman, serta turun langsung untuk memberikan pelayanan yang prima.
Pejabat harus mengedepankan kepentingan lembaga di atas kepentingan pribadi maupun golongan, turut aktif membangun sinergi lintas sektoral, bekerja sama mewujudkan visi misi lembaga dan mampu untuk membawa UNESA naik ke ranking 500 internasional dan menjadi world class university.
Rektor UNESA berharap agar amanah yang diberikan ini tidak disia-siakan dan disalahgunakan, akan tetapi lebih kepada bagaimana untuk menunjukkan kinerja yang terbaik bagi lembaga, sebab transisi dari PTN BLU ke PTN BH merupakan masa-masa yang berat. UNESA harus lebih gesit, lincah, dan mampu beradaptasi serta menjadi pusat pengembangan teknologi olahraga dan seni.
“Sukses untuk para pejabat yang telah dilantik, saya berharap kita selalu menjaga integritas, disiplin dan tetap humble. Ingat, setiap kerja selalu kami evaluasi secara berkelanjutan. Saa percaya, saudara semuanya mampu melaksanakan tugas dan tanggung jawab dengan sebaik-baiknya,” tutup Cak Hasan.[]
***
Penulis: Saputra
Editor: @zam Alasiah*
Foto: Dokumentasi Tim Humas UNESA