23 May 2023


Unesa.ac.id. SURABAYA—Kerja sama dengan berbagai mitra gencar dilakukan Universitas Negeri Surabaya (UNESA). Bidang Perencanaan, Pengembangan, Kerja Sama, dan Teknologi Informasi dan Komunikasi menjejaki kerja sama pentahelix dengan Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar).
Rencana kerja sama ini dibahas Prof. Dr. Siti Nur Azizah, S.H., M.Hum, Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Pengembangan, Kerja Sama, dan Teknologi Informasi dan Komunikasi bersama penjabat (Pj) Gubernur Sulbar, Prof. Zudan Arif Fakrulloh, di Kantor Gubernur Sulbar pada Rabu, 17 Mei 2023.
Prof Azizah mengatakan bahwa kunjungannya ke sana dalam rangka beberapa hal, di antaranya menjejaki kerja sama dengan multipihak di Sulbar baik itu pemerintah daerah, organisasi, pelaku usaha, media maupun komunitas yang ada di sana.
Dia menambahkan, untuk merealisasikan rencana itu, ke depan pihaknya akan membentuk lembaga pentahelix center sebagai wadah kerja sama multipihak tersebut. "Kerja sama ini dimaksudkan sebagai penguatan MBKM, IKU dan UNESA PTN-BH," ucapnya.
Selain itu, arah kerja sama ini di sisi lain juga untuk bersama-sama meningkatkan mendorong kemajuan daerah, termasuk menjawab berbagai tantangan pendidikan yang ada di Sulbar. Setiap daerah punya tantangannya sendiri, dan nanti bisa dijawab bersama-sama lewat berbagai program yang akan dibahas dan dipetakan lebih lanjut.
Pj. Gubernur Sulbar mengatakan bahwa saat ini pihaknya tengah menggenjot pembangunan di berbagai aspek. Salah satu yang menjadi prioritasnya yaitu pembangunan sumber daya manusia.
Untuk urusan daerah apalagi SDM, lanjutnya, pemda tidak bisa jalan sendiri, tetapi perlu sinergi dengan berbagai pihak, termasuk perguruan tinggi. "Apalagi kerja sama ini akan dibuat wadah khusus yang membuat sinergi kita semakin strategis dan penting direalisasikan," ucapnya.
Prof Zudan menambahkan, untuk kerja sama ini pihaknya juga akan memetakan potensi dan peluang yang bisa digarap bersama. "Sekali lagi ini kerja sama yang bagus. Kami dan rekan-rekan OPD, sekda. Demikian juga dari UNESA, fakultas, prodi, dan unit serta program prioritasnya bisa dipetakan bersama. Semoga yang kita upayakan ini membawa manfaat bagi lembaga dan masyarakat," tutupnya. []
***
Penulis: Muhammad Azhar Adi Mas’ud
Editor: @zam Alasiah*
Foto: Dokumentasi Tim Bidang IV UNESA