06 April 2022


Unesa.ac.id, SURABAYA-Layanan pembayaran pajak kendaraan bermotor kini hadir di kampus lewat program Samsat Kampus yang diluncurkan Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa bersama sejumlah pimpinan perguruan tinggi termasuk Universitas Negeri Surabaya (UNESA) di Unair pada Senin, 4 April 2022.
Samsat Kampus merupakan inovasi layanan pembayaran pajak kendaraan bermotor (PKB) di lingkungan perguruan tinggi yang pertama dan satu-satunya di Indonesia. Sebagai langkah awal, layanan ini dibuka di 75 kampus.
“Sampai saat ini terdapat 75 perguruan tinggi yang sudah bekerja sama dengan kami dalam membuka Samsat Kampus,” ujar Khofifah pada acara peluncuran tersebut.
Dijelaskan Khofifah, inovasi layanan tersebut merupakan inisiasi sekaligus bentuk perhatian Pemprov Jatim dalam memberikan kemudahan wajib pajak khususnya di lingkungan kampus untuk melakukan pembayaran pajak kendaraan bermotor dengan cepat,mudah dan dekat.
Selain itu, untuk mendukung pengembangan usaha koperasi di tiap perguruan tinggi. “Pembukaan ini merupakan perluasan dari PPOB (Payment Point Online Banking, red). Perluasan ini menjadi penting bagi kami untuk memastikan pelayanan publik di lingkungan Pemprov Jatim makin mudah, murah dan dapat dijangkau di berbagai lini,” kata Khofifah.
Gubernur berharap, Samsat Kampus dapat memberikan penguatan aspek support public service bagi seluruh masyarakat di Jatim. “Terima kasih sambutan dari perguruan tinggi baik negeri maupun swasta, luar biasa. Tentu kami berharap bahwa secara khusus bisa bersinergi dengan seluruh koperasi yang ada di perguruan tinggi di Jawa Timur,” ucap Khofifah.
Buka Samsat Corner
Sementara itu, Rektor UNESA Prof. Dr. Nurhasan, M.Kes., yang turut bersama gubernur di lokasi menyatakan bahwa ‘kampusnya para juara itu’ siap melaksanakan program layanan anyar tersebut. Ini bukan lagi rencana, tetapi sudah mulai dijalankan UNESA, salah satunya lewat pembukaan layanan Samsat Corner di Kampus Lidah Wetan yang diluncurkan bersama jajaran Bapenda Jatim dan Bank Jatim di Lobi Rektorat, Senin, 4 April 2022.
“Tadi baru saja (pagi, red) soft launching Samsat Corner di Kampus Lidah dan Kocika UNESA bersama Bapenda dan Bank Jatim. Ini wujud komitmen dan kolaborasi kami dalam mendukung program maupun inovasi layanan Ibu Gubernur menuju Jatim yang maju dan unggul,” ujarnya.
Layanan Samsat Corner tersebut berlokasi di sisi utara Jalan Kampus Unesa arah CitraLand. Tepatnya berada di Laboratorium Kewirausahaan UNESA. Pengendara dari arah Jalan Mayjen Yono Suwoyo menuju CitraLand atau sebaliknya akan melewati kantor pelayanan tersebut. Yang bangunannya dari container itu. [Humas UNESA]
Penulis: Riska Umami dan tim
Editor: @zam*