21 March 2022


Unesa.ac.id, SURABAYA-Dalam rangka menyambut Program Mahasiswa Wirausaha (PMW), Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) UNESA adakan sosialisasi PMW dengan tema ‘Menumbuhkan Jiwa Kreatif, Produktif dan Entrepreneurship dalam Dunia Wirausaha’ pada Senin (21/03/2022).
Sosialisasi ini dilaksanakan secara daring yang dihadiri Heryanto Susilo, S.Pd., M.Pd., Wakil Dekan III Fakultas Ilmu Pendidikan Unesa dan Hirnanda Dimas Pradana, S.Pd., M.Pd., Dosen Kurikulum dan Teknologi Pendidikan.
Heryanto Susilo memaparkan, konsep PMW menggabungkan antara pendidikan dan kewirausahaan yang didorong dengan perkembangan pendidikan yang pesat.
“Bahkan definisi kewirausahaan sudah bergeser paradigmanya, tidak hanya produk yang diperdagangkan saja tetapi sebuah karya yang sifatnya abstrak seperti ide, konsep, jasa, dan sebagainya sudah menjadi bagian dari kewirausahaan,” terangnya.
Hirnanda Dimas Pradana pada kesempatan itu mengajak mahasiswa untuk mengubah pandangan yang semulanya hanya menjadi pegawai saja, tetapi juga menjadi seorang pengusaha. “Dengan menjadi pengusaha sangat bermanfaat dari segi kemanfaatan sosial di lingkungannya, yaitu dengan menciptakan lapangan kerja baru bagi masyarakat,” ujar Hirnanda.
Dia juga mengajak mahasiswa untuk mengembangkan ide dan strategi dalam berwirausaha sehingga mampu bersaing dengan usaha lain yang sejenis. Menurutnya, ada beberapa faktor yang menentukan keberhasilan wirausaha seperti visi dan misi, pandai menciptakan peluang usaha, pantang menyerah dan manajemen keuangan.
“Jangan menyianyiakan kesempatan dalam PMW ini, karena program ini mahasiswa dapat mengembangkan usahanya dari ide yang telah diusulkan dan mahasiswa diharapkan mampu mengembangkan usaha yang sesuai dengan passion masing-masing. Tunggu apalagi, buktikan di program ini,” ajaknya. [Humas UNESA]
Penulis: Mohammad Dian Purnama
Editor: @zam*