24 February 2022


Unesa.ac.id, SURABAYA-Bagi masyarakat Indonesia, khususnya yang ada di Jawa Timur tentu sudah mafhum dengan sepak terjang dan keterlibatan Fakultas Ilmu Olahraga (FIO) UNESA dalam meningkatkan prestasi olahraga tanah air. Lewat peran atlet dan pelatihnya, salah satu fakultas unggulan UNESA itu berhasil sumbang puluhan medali untuk Jatim baik pada PON XX Papua maupun Peparnas XVI.
Dalam UNESA Virtual Campus Expo (UVCE) pada Rabu, 23 Februari 2022, Wakil Dekan Bidang Akademik, Dr. Dwi Cahyo Kartiko, S.Pd., M.Kes., menyampaikan bahwa FIO menaungi tiga program studi (prodi), yaitu;Prodi S-1 Pendidikan Kepelatihan Olahraga (PKO)Prodi S-1 Ilmu Keolahragaan (IKOR)Prodi S-1 Pend. Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi (PJKR)Pria yang biasa disapa Cahyo itu menambahkan, meski FIO hanya memiliki tiga prodi, tetapi memiliki banyak mahasiswa atau atlet yang berprestasi dalam dunia olahraga. “Kalau berkaca pada tahun sebelumnya, jumlah pendaftar di FIO termasuk banyak peminatnya,” ujarnya.
Sementara itu, Dr. Irmantara Subagio selaku Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni FIO memaparkan bahwa prestasi yang pernah diraih oleh mahasiswa FIO UNESA sangat banyak dan beragam, mulai dari prestasi bertaraf nasional hingga yang bertaraf internasional. Bahkan tidak sedikit yang memecahkan rekor.
“Dalam PON kontingen Jatim sudah didominasi mahasiswa UNESA. Sekitar 157 atlet dari total keseluruhan 500-an kontingen Jatim berasal dari UNESA. Prestasinya luar biasa. Salah satunya menjadi atlet dengan peraihan medali terbanyak dan mendapatkan medali emas. Selain itu, ada atlet yang ikut SEA Games juga mendapat medali emas,” terangnya.
Dr. Or. Gigih Siantoro, M. Pd. selaku Ketua Jurusan Pendidikan Kepelatihan Olahraga menambahkan bahwa FIO memiliki sport sciences yang didukung dengan fasilitas-fasilitas berstandar internasional. Itu semua untuk menunjang para mahasiswa meningkatkan kemampuan yang mereka miliki. UNESA tentunya juga memiliki dosen-dosen yang berkompeten dalam bidangnya masing-masing. Mereka ada yang terlibat menjadi pelatih dan aktif di berbagai federasi.
Salah satu fasilitas yang baru-baru ini dibangun dan sudah dibukan untuk umum yaitu Driving Range atau pusat latihan pukul golf yang berada di sisi utara lapangan UNESA Kampus Lidah Wetan. Pengendara dari Jalan Mayjen Yono Suwoyo menuju CitraLand bisa melihatnya di sisi kiri jalan setelah Hotel UNESA. “Pak rektor paham momentum dan peluang UNESA menuju PTN-BH, sehingga dibangunlah golf driving ini, bisa untuk civitas maupun umum,” terang Cahyo. [Humas UNESA]
Penulis: Khoiril Warid
Editor: @zam*