22 June 2021


Unesa.ac.id, Surabaya-Universitas Negeri Surabaya (UNESA) menggelar Unesa Virtual Campus Expo 2021 pada Senin (21/06/2021). Acara sosialisasi Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) yang berlangsung secara daring itu menghadirkan dua narsumber, yakni Awang Dharmawan, S.Ikom., M.A., selaku Ketua Divisi PMB pada Satuan Admisi dan Vinda Maya Setianingrum, S.Sos., M.A. selaku Kepala UPT Humas Unesa.
Kegiatan ini digelar dalam rangka penyampaian informasi jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru (SPMB) UNESA kepada calon peserta. Tahun ini, UNESA membuka 10 pilihan jalur mandiri atau SPMB untuk program sarjana dan vokasi tahun akademik 2021/2022.
Awang Dharmawan menjelaskan, secara umum ada dua jalur yang disediakan UNESA untuk SPMB, yakni jalur nontes dan jalur tes. Jalur nontes yakni ada jalur ujian tulis berbasis komputer (UTBK) nasional, prestasi keagamaan, prestasi olahraga, prestasi seni, kepemimpinan, dan disabilitas. Untuk hasil seleksi jalur UTBK diumumkan pada Senin malam (21/06) di sipenmaru.unesa.ac.id.
Selain itu, juga ada jalur beasiswa luar negeri (LN) dan kerja sama pemerintah kota, kabupaten, dan provinsi yang sudah memiliki perjanjian MoU dengan UNESA.
Sementara untuk jalur tes yakni ada jalur tes masuk Unesa berbasis komputer (TMUBK) dan jalur Vokasi D4/sarjana terapan. "Untuk syarat dan ketentuan serta informasi lebih lanjut bisa diakses di media sosial @official.unesa atau www.admisi.unesa.ac.id," ucap pria yang biasa disapa Awang itu.
Di samping itu, Vinda Maya Setianingrum mengatakan bahwa setiap tahun UNESA selalu membuka kesempatan untuk putra dan putri terbaik lewat berbagai jalur khusus masuk Unesa. Ada sekitar sepuluh jalur SPMB tahun ini.
Tujuannya, yakni mencari peserta dan generasi terbaik untuk bergabung dan maju bersama Unesa. “Karena kemampuan peserta tidak semua bisa diukur dengan standar yang sama, jadi Unesa buka jalur prestasi akademik maupun nonakademik,” ujarnya.
Ia berpesan kepada calon peserta SPMB Unesa untuk menyiapkan diri sebaik dan semaksimal mungkin. Sehingga bisa memenuhi kriteria untuk masuk dan mengenyam pendidikan di Unesa tahun ini. "Bagi calon mahasiswa bisa menggunakan jalur-jalur tersebut. Paling penting dari sekarang mulai siapkan diri dan segala dokumen yang disyaratkan," ujarnya.
SPMB jalur non-tes UTBK Unesa terlaksana mulai 14-18 Juni. Kemudian untuk jalur prestasi dibuka mulai 14-25 Juni. Lalu jalur disabilitas, TMUBK, dan jalur kerja sama dibuka mulai 21 Juni-6 Juli. Untuk jalur sarjana terapan gelombang pertama dibuka 21 Juni-6 Juli dan gelombang kedua pada 21-27 Juli 2021. (Humas Unesa)