30 August 2022


Unesa.ac.id, SURABAYA–Satuan Admisi Universitas Negeri Surabaya (UNESA) menerima kunjungan rombongan SMAN 3 Sidoarjo pada Selasa, 30 Agustus 2022 di Auditorium Lantai 11 Gedung Rektorat, Kampus Lidah Wetan, Surabaya. Rombongan tersebut terdiri dari 90 siswa kelas 12 yang berasal dari IPA, IPS, bahasa dan akselerasi.
Ketua Satuan UNESA Dr. Sukarmin, M.Pd., dan Drs. Budi Jarwanto, Koordinator Pokja Akademik memimpin pertemuan tersebut. Sri Wulandari M.Pdi, selaku Humas SMAN 3 Sidoarjo mengungkapkan tujuan kedatangan mereka yaitu sebagai sarana bagi siswa untuk mengenal perguruan tinggi impian mereka.
Dengan kunjungan ini, para siswa diharapkan sudah memiliki pandangan ke depannya seperti apa dan ke mana mereka akan kuliah. “Dengan begini para siswa jadi tahu apa yang perlu dipersiapkan dan jalur mana saja yang bisa kejar dan sebagainya,” ujarnya.
Sukarmin mengatakan bahwa jalur penerimaan mahasiswa di UNESA memiliki jalur SNMPTN, SBMPTN dan UTBK atau mandiri. Untuk jalur yang pertama dan kedua tesnya diselenggarakan oleh LTMPT. Sementara untuk jalur ketiga yaitu jalur mandiri yang tesnya diselenggarakan oleh UNESA sendiri.
Sukarmin mengungkapkan bahwa nilai raport menjadi salah satu poin penting penilaian dalam jalur SNMPTN selain kuota sekolah, kualitas sekolah dan prestasi tambahan.
Bagi siswa yang ingin masuk UNESA melalui jalur tersebut, harus mengukur kemungkinan-kemungkinan yang ada. UNESA sendiri juga membuka berbagai pintu informasi baik melalui media sosial official UNESA, maupun call center yang disediakan pihak admisi. “Harapan kami kepada anak-anak, pertama, harus mau membaca,” ujar Budi Jarwanto.
Budi melanjutkan, siswa–siswi harus mau membaca berbagai informasi dan data yang sudah tersedia sebagai bayangan pilihan kedepannya. Sekolah dan siswa harus memulai menganalisis peluang diri dan membuat planning dengan berbagai kemungkinan ke depannya.
Selain itu, siswa juga harus berani dalam bertanya agar tidak terjadi kesalahpahaman informasi. UNESA sendiri siap menjawab setiap pertanyaan yang berhubungan dengan penerimaan mahasiswa baru, melalui call center maupun email dan contact yang sudah tertera di website.
Tentunya, diharapkan para siswa dapat memilih program studi sesuai dengan potensi dan minat, sehingga mampu menjalani masa perkuliahan dengan lancar dan menyenangkan.
“Harapan sekolah, harapannya anak-anak dapat masuk ke UNESA melalui jalur apapun, baik snmptn, UTBK SBMPTN, maupun mandiri.” ungkap Sri Mulyaningsih, S.Pd selaku coordinator BK. Alumni Unesa tersebut juga mengungkapkan rasa terima kasih kepada UNESA yang bersedia menyambut kunjungan dari sekolah dengan baik. [HUMAS UNESA]
Penulis: Hasna
Editor: @zam Alasiah*