04 November 2020


Unesa.ac.id-Surabaya, Mahasiswa Fakultas Ilmu Olahraga Universitas Negeri Surabaya (Unesa) berhasil mengukir prestasi dalam bidang pengabdian masyarakat. Optimalisasi desa tangguh Covid-19 dengan memaksimalkan pembinaan perilaku hidup bersih dan sehat dalam menghadapi era new normal life sebagai luaran dari program pemberdayaan Dusun Wangun menjadi bentuk hasil pengabdian mahasiswa kepada masyarakat.
Kegiatan dilaksanakan mulai tanggal 28 Oktober hingga 5 Oktober 2020. Tim yang diketuai oleh Riska Devi Kurniawati ini berhasil lolos dalam Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa (PHP2D).
Pembukaan program PHP2D di dusun Wangun, Lamongan dihadiri oleh Wakil Dekan bidang Kemahasiswaan dan Alumni FIO Abdul Hafidz,S.Pd., M.Pd., Kepala jurusan Ilmu Olahraga Dr. Puji Juniarto, M.Pd., dan Sekertaris jurusan Pendidikan Kesehatan dan Rekreasi Dr. Soni Sulistyarto, M.Kes.
Kegiatan pembukaan juga didukung oleh pemerintah desa setempat seperti ketua desa dan ketua dusun.
Dalam program PHP2D yang diusung oleh Riska dan timnya, terdapat beberapa program unggulan seperti pelatihan pembuatan masker, Face Shield, tempat cuci tangan hingga sosialisasi kepada masyarakat mengenai tata cara hidup sehat.
“Kita terkendala mengenai antusias warganya, kita sudah mengundang beberapa warga perwakilan dari setiap RT nya untuk mengikuti kegiatan kita tetapi ada juga dari mereka yang antusiasnya kurang, sehingga kami mengunjungi rumah mereka lagi untuk mengajak mereka mengikuti kegiatan kami,” terang Riska dalam sela-sela wawancara melalui whatsapp (23/10).
Program PHP2D ini diharapkan agar masyarakat dusun Wangun bisa menaati protokol kesehatan yang dianjurkan oleh pemerintah sekaligus menjadi dusun percontohan terkait menaati protokol kesehatan sehingga menjadikan desa wangun sebagai desa tangguh covid-19. (Nov)