08 September 2020


Unesa.ac.id-Surabaya, Universitas Negeri Surabaya (Unesa) mengukuhkan empat guru besar pada Senin, (7/09/2020) di Gedung Graha Unesa. Dikukuhkannya, keempat guru besar menunjukkan dedikasi Unesa terhadap dunia pendidikan di Indonesia.
Keempat guru besar tersebut diantaranya:
1. Prof. Dr. Budiyanto, M.Pd - Guru Besar Bidang pendidikan inklusi dari Fakultas Ilmu Pendidikan
2. Prof. Dr. Munasir, S.Si., M.Si – Guru Besar Bidang fisika material dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
3. Prof. Dr. Dra. Fida Rachmadiarti, M.Kes – Guru Besar Bidang ekologi dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
4. Prof. Dr. Hariyati., Ak., M.Si., CA – Guru Besar bidang akuntansi manajemen dari Fakultas Ekonomi
Acara ini dihadiri oleh rektor, ketua senat, wakil rektor, pimpinan lembaga, dekan dan ketua prodi selingkung Unesa.
Rektor Unesa Prof. Nurhasan yang secara langsung memimpin prosesi pengukuhan mengatakan, bertambahnya guru besar menjadi bukti dedikasi Unesa untuk terus melangkah dalam pengembangan dunia pendidikan Indonesia. “Pencapaian gelar puncak akademik sebagai guru besar bukan lah tanggung jawab yang mudah,” ucapnya.
“Pada tataran lebih luas, guru besar adalah seorang begawan keilmuan yang diharapkan menjadi pemacu hadirnya gagasan yang mendukung pembangunan negeri dan inovasi yang memberikan kemanfaatan pada masyarakat,” lanjut Nurhasan.
Dengan adanya empat guru besar baru, Cak Hasan-sapaan akrabnya, berharap Unesa dapat bergerak lebih cepat dalam mengambil inisiatif serta menginspirasi seluruh civitas academica ke arah yang lebih baik. “Saya berharap gelar puncak akademik ini menjadikan bapak-ibu tauladan yang mampu menginspirasi civitas academica untuk terus membangun budaya akademik dan memacu publikasi ilmiah yang akan terus mendukung peningkatan Unesa,” jelasnya.
Sebelum prosesi pengukuhan, tiap guru besar menyampaikan pidato pengukuhan atau pidato ilmiah dihadapan seluruh peserta yang hadir di tempat maupun yang menonton secara daring. Pidato pengukuhan disampaikan sesuai dengan kepakaran setiap guru besar dengan judul:
1. Prof. Dr. Budiyanto, M.Pd - “Pendidikan Inklusif Berbasis Budaya Pendidikan Lokal”
2. Prof. Dr. Munasir, S.Si., M.Si – “Riset Berbasis Bahan Alam: Kontribusi Nano Silika dalam Pengembangan Riset Material Maju di Indonesia”
3. Prof. Dr. Dra. Fida Rachmadiarti, M.Kes – “Fitoremediasi Perairan Tercemar: Sebuah Ekoteknologi Berbasis Aplikasi Makrofit Akuatik”
4. Prof. Dr. Hariyati, Ak., M.Si., CA – “Continjency Fit atas Asosiasi Strategi Inovasi Berkelanjutan dengan Kinerja Entitas” (zafran)