04 September 2020


Unesa.ac.id-Surabaya, Universitas Negeri (Unesa) Surabaya merilis 15 jurusan favorit jalur Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) dan Tes Masuk Unesa Berbasis Komputer (TMUBK). Seperti diketahui, Unesa membuka pendaftaran SPMB dari berbagai jalur. Terbaru SPMB reguler Jalur. Sedangkan TMUBK dibuka sebagai bentuk kebijakan selama masa pandemi Covid-19.
Berdasarkan data pendaftar jalur SPMB reguler jalur TMUBK yang ditutup 31 Agustus 2020 lalu, 15 Jurusan yang paling diminati antara lain, S1 Manajemen dengan jumlah pendaftar 419 peserta, S1 Ilmu Komunikasi 359 peserta, S1 Psikologi 339 peserta, S1 Ilmu Hukum 320 peserta, S1 Ilmu Administrasi Negara 310 peserta, S1 Teknik Sipil 225 peserta, S1 Pendidikan Guru SD 212 peserta, S1 Akuntansi 198 peserta, S1 Sosiologi 192 peserta, Gizi 188 peserta, S1 Psikologi Pendidikan dan Bimbingan 166 peserta, S1 Teknik Informatika 166 peserta, Ekonomi 151 peserta, S1 Manajemen Pendidikan 141 peserta, dan S1 Biologi 138 peserta.
Koordinator Humas SPMB Unesa, Vinda Maya Setianingrum, S.Sos., M.A., mengatakan, pelaksanaan TMUBK (tes online) sudah terlaksana pada tanggal 1 dan 2 September 2020. Salah satu syarat yang harus dipenuhi oleh peserta adalah menggunakan komputer yang memiliki webcam, agar pengawas tes bisa melihat peserta saat tes berlangsung. Hal ini guna meminimalisir kecurangan peserta tes, karena tes dilaksanakan dari rumah masing-masing. Tes ini baru pertama kali dilaksanakan Unesa karena masih dalam situasi pandemi covid yang tidak memungkinkan pelaksanaan tes di kampus Unesa.
Lebih lanjut, Vinda mengatakan, memang ada beberapa kendala teknis saat tes online dilaksanakan, namun semua bisa diselesaikan oleh tim panitia SPMB Unesa. “Saya rasa ini untuk evaluasi bersama, apalagi ini pertama kalinya Unesa melakukan TMUBK dengan jumlah peserta yang lumayan banyak, dan tes dari rumah masing-masing,” ujar Vinda.
Setelah pengumuman dirilis, diharapkan calon mahasiswa baru terus mengikuti perkembangan informasi melalui sosial media Unesa. Vinda juga menegaskan bahwa Universitas Negeri Surabaya selalu mengedepankan kejujuran dan transparansi serta menjunjung tinggi integritas dalam penjaringan calon mahasiswa baru. Unesa tidak pernah memberlakukan pungutan biaya, diluar ketentuan resmi. (Git)