19 May 2020


Unesa.ac.id - Surabaya, Bila di tahun-tahun sebelumnya Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Unesa selalu mengadakan berbagai macam kegiatan dimulai dari jalan sehat, bazar, donor darah, dan sebagainya. Berbeda dengan tahun ini, karena adanya pandemi covid-19 yang mengharuskan untuk Work Form Home (WFH) dan Learn Form Home (LFH), FIP merubah kegiatan tersebut menjadi Webinar dalam rangka memperingati hari pendidikan nasional, Senin (18/05).
Dalam Webinar kali ini FIP membahas permasalahan mengenai bagaimana membangun kesejahteraan psikologis anak melalui pendidikan pada masa pandemi covid-19. FIP turut mengundang para psikolog guna menjawab permasalahan tersebut serta Wakil Rektor Bidang Akademik Prof. Dr. Bambang Yulianto M.Pd. untuk membuka kegiatan Webinar.
Dr. Miftakhul Jannah, S.Psi., M.Si. dalam kesempatannya menyampaikan bahwa pendidikan dimulai dari anak usia dini, sehingga perlu untuk diketahui bagaimana mengenal perkembangan karakteristik anak dimulai dari usia dini hingga remaja. Ditambah lagi dengan keadaan saat ini yang memaksa orangtua untuk memberikan perhatian lebih kepada anaknya agar proses pembelajaran di rumah tetap belajar dengan semestinya. “Kita sebagai orangtua harus sadar bagaimana pola pengasuhan anak yang baik di kala pandemi ini, selain itu kita juga harus memperhatikan usia dan di zaman mana anak kita tumbuh, karena pada setiap zaman pola pengasuhan anak sangat berbeda-beda” Tambahnya.
Sebagai psikolog klinis, Dr. Indria Laksmi Gamayanti, M.Si., mengungkapkan bagaimana cara membangun hubungan antara orang tua dan anak sehingga apa yang diiginkan setiap orang tua terhadap anak dapat diwujudkan. Gama juga menambahkan bahwa jangan sampai orangtua menyerahkan seratus persen pengasuhan anak kepada teknologi (gadget), karena bagaimanapun juga peran orang tua sangat dibutuhkan.
“Sebenarnya kedekatan antara ornagtua dan anak dapat menstimulus anak untuk mengatasi masalahnya khususnya untuk meregulasi emosianya. Selain itu juga agar kita bisa melihat bagaimana respon anak dalam mengatasi masalah kehidupan sehari-hari bukan hanya masalah akdemik saja” Ujar Gama. Dr. Endang Widyorini, M.S., sebagai pengisi terakhir memberikan tipsnya agar belajar dirumah tetap efektif layaknya belajar di sekolah, dengan memberikan kebebasan anak dalam mengontrol suasana belajar yang diinginkannya.
Di akhir acara Dekan FIP Dr. Mochammad Nursalim, M.Si., menyampaikan rasa terima kasih kepada seluruh komponen yang terlibat dalam Webinar FIP baik peserta maupun panitia, khususnya untuk Wakil Dekan bidang akademik, Dr. Wagino, M.Pd., yang telah memberikan gagasan untuk mengadakan webinar ini. (Nov/Suryo)