12 May 2020


Unesa.ac.id – Surabaya, Selasa (12/05), dalam nuansa ‘Ramadhan Bersama Sandiaga Uno & MPM Berbagi’ Universitas Negeri Surabaya (Unesa) bekerja sama dengan Rumah Siap Kerja menggelar webinar dengan tema “Kolaborasi Milenial membentuk karya kreatif melalui rumah siap kerja di era pandemik COVID-19”.
Acara yang berlangsung pada pukul 12.30 WIB dan disiarkan langsung melalui Google Meet & Youtube Official Unesa ini diikuti oleh Rektor Unesa, Prof. Dr. H. Nurhasan, M.Kes., Sandiaga Salahudin Uno sebagai Keynote Speaker, dan dimoderatori oleh Ervan Wahyudin, News Produser Kompas TV Jakarta.
Dalam sambutan yang mengawali sekaligus membuka acara webinar ini, Nurhasan mengapresiasi keberadaan Rumah Siap Kerja yang memberikan pelayanan terpadu satu pintu dengan bimbingan dan pelatihan softskill serta hardskill kepada para pencari kerja dan juga untuk berwirausaha.
“Pembangunan dan peningkatan kualitas pemuda di Indonesia harus menjadi prioritas utama, bukan hanya sebagai penerima manfaat tetapi pengendali dalam proses pengambilan keputusan,” ujar Nurhasan.
Nurhasan menggaris bawahi pendidikan dan pekerjaan menjadi isu yang penting bagi pemuda. Tidak hanya itu, Nurhasan juga mengungkapkan jika enterpreneur menjadi aspek yang tidak kalah penting dalam keberhasilan di masa mendatang.
“Untuk sukses seseorang harus punya 3 hal, pertama integritas yang sangat mahal tidak bisa dibeli, kedua profesionalisme yakni keahlian yang ditekuni, ketiga entrepreneurship yang berkaitan dengan inovasi. Ketiganya harus dimiliki untuk memenangkan persaingan dan meraih kesuksesan,” terang Nurhasan.
Acara dilanjutkan oleh moderator dengan pemaparan oleh Keynote Speaker Sandiaga Uno yang menjelaskan terkait apa yang akan dilakukan Rumah Siap Kerja untuk menjadi solusi kaum milenial dari segi ekonomi di situasi covid-19.
Dalam pemaparannya, Sandiaga berpesan, “Belajar hal baru adalah investasi, tetap optimis dalam kehidupan selalu berusaha melihat peluang di dalam situasi terburuk sekalipun.”
Selain itu, Sandiaga Uno juga memberikan motivasi agar para pemuda senantiasa yakin jika mereka memiliki kesempatan dan peluang untuk menjadi sukses. “Saya yakin teman-teman punya kesempatan ini, bahwa peluang ada dimana-mana,” pungkas Sandi.
Acara webinar diteruskan dengan sesi tanya jawab dan berakhir pada pukul 14.00 WIB. (QQ/ay)