09 August 2022


Unesa.ac.id, SURABAYA-Sekolah dari berbagai daerah terus berdatangan ke Universitas Negeri Surabaya (UNESA). Kali ini, giliran MAN 2 Jombang berkunjung ke UNESA pada Selasa, (9/8/2022). Rombongan tersebut disambut tim Admisi di Ruang Sidang BAKPK Lantai 2 Gedung Rektorat, Kampus Lidah Wetan, Surabaya.
Muhammad Syahrir, S.Pd., M.Pd.I., Kepala Madrasah mengungkapkan maksud kunjungan itu. Selain untuk menjalin silaturahmi, juga bermaksud menjalin kerja sama serta mengetahui jalur penerimaan mahasiswa di UNESA, khususnya yang sesuai dengan sekolah MAN yang berlatar belakang keagamaan. “Siswa kita kan banyak yang ingin masuk ke UNESA. Kita sebagai guru ingin memfasilitasi itu, supaya keinginan anak-anak bisa terwadahi,” ujarnya.
Menanggapi hal tersebut, Vinda Maya Setianingrum, S.Sos., M.A., selaku Kepala UPT Humas menjelaskan jika di Unesa terdapat beberapa jalur masuk, termasuk jalur di bidang keagamaan. “Di Unesa banyak jalur penerimaan bidang keagamaan. Ada jalur pesantren, jalur tahfidz, serta jalur MTQ. Saya rasa ini bisa mewadahi anak-anak, khususnya yang memang memiliki latar belakang pendidikan di bidang keagamaan seperti MAN 2,” ujar dia.
Kerja sama diharapkan MAN 2 Jombang bersama UNESA yaitu terkait penerimaan mahasiswa baru, pembinaan pengembangan akademik siswa khususnya untuk Olimpiade Sains Nasional (OSN) dan Kompetisi Sains Nasional (KSN) dan kerja sama dalam membantu MAN 2 Jombang sebagai salah satu madrasah research agar siswa dan guru dapat mengetahui cara melakukan penelitian yang baik.
“Di madrasah itu ada tiga program khusus bagi sekolah rekomendasi yaitu madrasah inovasi, madrasah literasi dan madrasah research sebagai pilot project Kementerian Agama. Barangkali ini dapat dikerjasamakan dalam bentuk research dan mungkin butuh pendampingan,” ungkap Syahrir.
Pemerintah Kabupaten Jombang sebelumnya sudah bekerja sama dengan UNESA melalui MoU pada 9 Februari 2022 dan berlaku selama lima tahun. MAN 2 Jombang sebagai unit yang ada di bawah Pemkab Jombang dapat langsung melakukan MoA dengan unit yang ada di bawah UNESA.
Selanjutnya, poin kerja sama terkait penerimaan mahasiswa baru akan ditindaklanjuti oleh pihak Admisi UNESA. Terkait kerja sama untuk pendampingan pengembangan akademik siswa, selanjutnya akan dikomunikasikan dengan fakultas dan program studi terkait.
“Nanti seandainya ada pendampingan terkait dengan mata pelajaran tertentu bisa kami informasikan contact person-nya program studi di situ nanti akan dibuatkan draft untuk perjanjian kerja samanya," jelas Beni Setiawan, Ph.D., dari bidang Kerja Sama.
Sementara itu permohonan kerja sama yang berkaitan dengan research akan ditindaklanjuti bersama dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) UNESA. “Research dapat dilakukan dengan pihak kami yaitu dengan LPPM,” tambahnya. [HUMAS UNESA]