11 November 2019


Unesa.ac.id, Surabaya- Suasana berbeda terlihat di Fakultas Bahasa dan Seni pada Senin(4/11). Dosen dan Mahasiswa tumpah ruah di halaman Gedung T13 dengan mengenakan pakaian ciri khas dari jurusannya masing-masing. Ada 9 jurusan di Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Surabaya, antara lain Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Bahasa Mandarin, Bahasa Jepang, Bahasa Jawa, Bahasa Jerman, Seni Rupa, Desain, dan Sendratasik.
Rangkaian kegiatan Pekan Ilmiah Fakultas Bahasa dan Seni, dibuka dengan acara bertajuk Lomba Karnaval FBS sekaligus memperingati bulan bahasa. Acara bertemakan Pembentukan Identitas Melalui Bahasa dan Seni ini digelar agar setiap jurusan di Fakultas Bahasa dan Seni lebih erat lagi ikatan persaudaraannya. Bukan hanya antar sesama mahasiswa tetapi juga para dosen. Dr. Maria Mintowati, M.Pd. selaku Wakil Dekan Bidang Akademik dalam sambutannya mengatakan, Lomba Karnaval FBS di gelar untuk meningkatkan persatuan dan kesatuan warga FBS dan menumbuhkan rasa saling memiliki antara satu dan yang lainnya. Dr. Mintowati mengharapkan, setelah kegiatan ini antar mahasiswa bisa saling mengenal satu sama lain serta terjalin kekompakan antar jurusan di Fakultas Bahasa dan Seni.
Hal yang sama juga diungkapkan oleh Arif Hidajad, S.Sn., M.Pd., dosen drama di Jurusan Sendratasik selaku seksi acara.“Kita pengin menghilangkan sekat-sekat primordial antar jurusan, jadi biar ada komunikasi. Kita ciptakan komuniksi sebaik mungkin dengan ceria melalui karnaval ini,” ujarnya. acara ini digelar untuk menghilangkan sekat-sekat primordial antar jurusan serta agar terjalin komunikasi sebaik mungkin. Lomba karnaval dipilih karena acara ini tepat, tidak hanya sekadar menonton pertunjukan tetapi mahasiswa dan dosen dapat membaur antara satu dan yang lain
Penampilan tari Manggar Mayang oleh Gong Prada Management dari Jurusan Sendratasik menjadi pembuka dari acara karnaval ini, disusul dengan pembagian beberapa doorprize. Lomba Karnaval FBS yang dibuka langsung oleh Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Syafiul Anam Ph.D. Pada barisan pertama terdiri dari jajaran dekanat serta Putra Putri Fakultas Bahasa dan Seni dan barisan selanjutnya terdiri dari jurusan- jurusan yang ada di Fakultas Bahasa dan Seni.
Start dan Finish berada di halaman gedung T13 Fakultas Bahasa dan Seni. Rute yang ditempuh Melewati Fakultas Ilmu Pendidikan sisi Selatan, gedung LP3M, gedung Pascasarjana, Masjid Baitul Makmur 2, gedung Rektorat Unesa, gedung Pascasarjana sisi utara, gedung LP3M, Fakultas Ilmu Pendidikan, dan kembali di Fakultas Bahasa dan Seni. Sesampainya di garis finis, peserta Karnaval dihibur oleh penampilan keroncong persembahan dari mahasiswa jurusan Sendratasik, dilanjutkan dengan orkes dangdut. Tidak mau kalah dengan persembahan dari mahasiswa, dosen jurusan Sendratasik juga ikut memeriahkan panggung hiburan dengan persembahan terbaiknya dengan Membawakan 2 lagu bergenre rock. para dosen tampak antusias memainkan komposisi musik sebagai persembahan spesial.
Terdapat dua kategori penilaian pemenang yaitu Mahasiswa dan Dosen yaitu Kategori Mahasiswa dan dosen. Kategori Mahasiswa dimenangkan oleh Jurusan Bahasa dan Sastra Daerah, peringkat kedua oleh Jurusan Sendratasik dan peringkat ketiga Jurusan Seni Rupa.Kategori Dosen dimenangkan oleh Jurusan Sendratasik, peringkat kedua oleh Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Peringkat ketiga diraih oleh Jurusan Bahasa dan Sastra Daerah.
Hadiah hiburan diserahkan langsung oleh jajaran dewan juri dan Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Syafiul Anam Ph.D. Acara ditutup dengan penampilan grup band SKAMPUS dari mahasiswa Sendratasik yang membawakan lagu bergenre musik Ska. Para mahasiswa membaur berjoget bersama sebelum penutupan resmi Lomba Karnaval FBS 2019. (Mufti/hasna)