06 November 2019


Unesa.ac.id, Surabaya - Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) mengadakan workshop Pembelajaran Seni dan Budaya, Pembelajaran Bahasa dan Sastra, (05/11). Kegiatan yang mendatangkan narasumber dari Universitas Negeri Malang, Dr. Yohanes Moeljadi Pranata, M.Pd., Pengawas Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Probolinggo, Dra. Agus Windarti, M. Pd., serta dari Unesa sendiri, Dr. Syamsul Shodiq, M.Pd., dan Dra. Sri Sulyani, M. Pd., ini dilaksanakan di Auditorium Gedung T13 FBS dengan dihadiri 80 perwakilan mahasiswa dari masing-masing jurusan. Kegiatan ini merupakan serangkaian dari kegiatan pekan ilmiah.
Peserta workshop diajak untuk mengasah pengetahuan dan kreativitas tentang beberapa model pembelajaran. Syamsul Shodiq memberikan pengarahan mengenai filosofi pembelajaran melalui tematik, integratif, holistik, dan kolaboratif. "Tematik model pembelajaran yang tidak menghendaki, sedangkan pada integratif dipadukan pada tujuannya, pada holistik merupakan kesatuan berbahasa, pada kolaboratif yakni menyatukan sumber belajar seperti rumah belajar" jelas Syamsul.
Sementara itu, Sri Sulyani memberikan pengarahan mengenai langkah-langkah dalam pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang mana kegiatan pembelajaran mencakup HOTS, literasi, 4C, dan PPK. "Pada kegiatan inti harus berbasis PPK, literasi, berbasis keterampilan abad 21 (4C/4K), dan berbasis HOTS," ungkapnya.
Setelah pengarahan dari narasumber, peserta workshop membuat rencana pelaksanaan pembelajaran di masing-masing jurusan kemudian di presentasikan. (esti/ay)