23 September 2019


Unesa.ac.id, Surabaya – Lomba Rumah Pekalian (LRP) 2019 yang diadakan HMJ Jurusan Matematika Unesa telah sukses terselenggara. Tahun ini panitia menyediakan kuota sebanyak 768 peserta dari tingkat Sekolah Dasar yang memperebutkan tropy dan total hadiah sebesar 5,5 juta rupiah. Kegiatan ini berlangsung selama 2 hari, sabtu dan minggu (21-22/9) di Gedung C8 dan C9 Jurusan Matematika.
Pada sistem perlombaannya peserta dibagi menjadi 3 babak yakni babak penyisihan, semifinal dan final. Di hari pertama, keseluruhan peserta berlomba-lomba untuk mendapatkan 48 tempat di babak semi final. Hingga nanti tersisa 3 siswa yang layak bersaing di babak final.
Terjadi hal menarik saat memasuki tahap final. Tiga peserta yang lolos ke tahap akhir ini berasal dari sekolah yang sama yaitu SD Islam Kreatif Anak Sholeh, Sidoarjo. Mereka adalah Shafira Putri Delia, Aqilah Mota Azzahra, dan Bunga Aramita Anandasena. Namun, Shafira berhasil keluar sebagai juara pertama setelah mengalahkan kedua rekannya dengan waktu kurang dari 5 menit. Sementara Aqilah Mota Azzahra menempati peringkat ke dua dan Bunga Aramita Anandasena harus puas menempati peringkat ketiga.
Priza Tri Setya Wicaksana selaku Ketua HMJ Matematika mengaku puas dengan penyelenggaraan LRP yang berjalan lancar ini. “Alhamdulillah acara berjalan dengan lancar dan sesuai ekspektasi dari kami selaku HMJ Matematika, semoga tahun depan bisa dikembangkan lebih baik lagi” jelas mahasiswa angkatan 2017 tersebut. (Suryo/why)