25 July 2022


Unesa.ac.id, SURABAYA-Universitas Negeri Surabaya (UNESA) menyelenggarakan wisuda secara offline di Graha UNESA Kampus Lidah Wetan, Surabaya, pada 27-28 Juli 2022. Ini merupakan wisuda pertama secara offline semenjak Covid-19 mewabah di Indonesia dan akan diikuti sekitar 3.849 wisudawan plus wali atau pendamping.
Dr. Anung Priambodo, S.Pd., M.Psi.T., Ketua Panitia Wisuda UNESA mengatakan bahwa upacara wisuda kali ini diikuti para lulusan periode 97-102. Karena melibatkan peserta yang cukup banyak, acara tersebut diselenggarakan selama dua hari dan masing-masing hari terdiri dari dua sesi. Skema ini dimaksudkan untuk menghindari kerumunan di lokasi.
“Upacara wisuda sesi pertama atau pagi dimulai 07.00-11.00 WIB. Sedangkan untuk sesi kedua atau siang dimulai 13.00-17.00 WIB,” ujarnya.
Skema Hari Pertama
Dr. Sukarmin, M.Pd., Ketua Satuan Admisi menambahkan, terkait skema acara. Pada hari pertama (Rabu, 27 Juli 2022), sesi pertama wisuda akan diikuti semua fakultas. Agar tidak terjadi kerumuman, panitia membuat dua alur masuk.
Bagi Fakultas Ilmu Olahraga (FIO), Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP), Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum (FISH), Fakultas Teknik (FT) akses masuknya lewat pintu depan Graha UNESA.
Sementara untuk Fakultas Bahasa dan Seni (FBS), Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB), Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) dan Pascasarjana akses masuknya lewat pintu belakang Graha UNESA.
Kemudian sesi kedua, akses masuk FIP, FISH, FT, Pascasarjana lewat pintu depan. Sedangkan untuk FBS, FEB, FMIPA dan FIO masuk lewat pintu belakang.
Skema Hari Kedua
Pada hari kedua (Kamis, 28 Juli 2022), sesi pertama, untuk FT, FIP, FMIPA dan FISH masuk lewat pintu depan. Sementara untuk FBS, FEB, FIO dan Pascasarjana masuk lewat pintuk belakang. Kemudian untuk sesi kedua, FMIPA, FIO, FEB dan Pascasarjana masuk lewat pintu depan. Sementara FIP, FT dan Vokasi masuk lewat pintu belakang.
Ketentuan Peserta dan Pendamping
Bagi peserta dan pendamping wisuda, harap memperhatikan ketentuan berikut; 1) satu undangan hanya untuk satu wali yang mendampingi wisudawan; 2) wisudawan dan pendamping wajib memiliki sertifikat vaksin dosis tiga atau booster. Bagi yang vaksin dosis pertama dan kedua harus melakukan tes antigen pada H-1 dengan hasil negatif; 3) peserta dan pendamping wajib memakai masker KN95 warna putih.
“Mengenai skema prokes di tempat wisuda sudah diasesmen oleh jajaran Satgas Covid-19, Kota Surabaya,” terang dosen FMIPA itu.
Selain, juga perlu memperhatikan ketentuan parkir kendaraan. Bagi yang membawa roda empat bisa memarkirkan kendaraan secara tertib di halaman Graha UNESA. Sementara untuk yang roda dua tempat parkirnya ada di halaman Labschool UNESA (tepat di sisi barat Graha UNESA).
Antisipasi Kepadatan Lalin
Guna mengantisipasi kemacetan, UNESA sudah berkoordinasi dengan jajaran Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polsek Lakarsantri. Rencananya, beberapa personil akan dikerahkan untuk mengantisipasi kepadatan lalu lintas di sekitar lokasi.
Diperkirakan, kepadatan lalu lintas mulai terjadi saat geladi bersih besok, Selasa, 26 Juli 2022 hingga pelaksanaan wisuda pada Rabu-Kamis (27-28 Juli 2022).
“Diharapkan kepada para pengendara untuk menghindari Jalan Kampus UNESA atau jalan yang menghubungkan CitraLand dengan Mayjen Yonosuwoyo (Babatan-Wiyung dan PTC). Atas nama lembaga kami mohon maaf atas ketidaknyamanan pengendara," ucapnya. [HUMAS UNESA]