24 June 2019


Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) merupakan suatu wadah dari Belmawa Kemenristekdikti dalam memfasilitasi potensi mahasiswa dalam menerapkan ilmu yang telah dipelajarinya. Salah satunya yaitu PKM Kewirausahaan yang bertujuan untuk menumbuhkan jiwa kewirausahaan mahasiswa.
Mahasiswa Jurusan Pendidikan Olahraga Fakultas Ilmu Olahraga, Dita Septiara Wulandari (2018), Fikratinnisa (2018), dan mahasiswa Pendidikan Tata Busana, Timur Wedaring Wacana (2017), Silfiana Putri (2017) serta mahasiswa Ilmu Ekonomi, Lindah Tri Amanat Sari (2018) menciptakan suatu produk kreatif bernama Tabaco (TAs limBah shuttleCOck) dengan mengkreasikan kulit sintetis dengan limbah bulu shuttlecock sebagai ornamen yang dapat dipakai oleh berbagai macam usia dan kalangan. Dimana bulu shuttlecock berfungsi dari tas tersebut untuk menambah kesan unik dan artistic.
Menurut Silfi salah satu anggota tim mengungkapkan Tabaco memiliki empat desain tas, yaitu: Tas Lingkaran (Micosa), Handbag (Belana), Pouch (Cotta) dan Slingbag (Livya) dengan kisaran harga Rp. 100.000 – Rp. 150.000, dengan membayar harga tersebut konsumen bisa mendapat tiga keunggulan sekaligus yakni ramah lingkungan, handmade, dan bergaransi.
Dita mengungkapkan bahwa ide tersebut muncul karena melihat peluang semakin banyaknya limbah shuttlecock karena antusiasme masyarakat terhadap olahraga bulu tangkis setelah terselenggaranya acara Asean Games 2018.
Dengan adanya produk ini, Dita berharap bisa meningkatkan minat konsumen dalam menggunakan produk handmade yang tetap mengutamakan fashionable-nya dan sekaligus mengurangi limbah shuttlecock yang beredar dimasyarakat. (HumasUnesa)