16 April 2019


Siaran program Cendekia TVRI tahun ini kembali digelar. Kali ini, jajaran pimpinan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) berkesempatan menjadi narasumber pada acara yang mengusung tema “Keberpihakan Pada Sains dan Akselerasi Kemajuan” tersebut, (16/04).
Dalam bincang-bincangnya, Prof. Dr. Madlazim, M.Si., selaku Dekan FMIPA mengungkapkan jika fakultas yang kental dengan ilmu eksaktanya ini terus berupaya melakukan perubahan dan pengembangan inovasi di era 4.0., khususnya di tingkat SDM. Hal ini disebabkan karena SDM lah yang nantinya akan menjadi penentu kemajuan teknologi di bidang sains. Upaya ini tentunya juga membutuhkan dukungan dari berbagai kalangan. Oleh karena itu, semua kalangan diharapkan ikut andil dalam pengembangan SDM tersebut.
“Unesa sudah mengarah ke pengembangan inovasi dan teknologi, dengan upaya perbaikan SDM akan mempercepat perubahan tersebut. Selain itu, FMIPA juga terus berinovasi seperti pengembangan ecopreneurship yang berorientasi pada aspek lingkungan,” ujar Madlazim.
Bentuk kontribusi nyata Unesa, khususnya FMIPA yakni berinovasi dalam bidang pendidikan yang mengarahkan pengoptimalan pemberdayaan manusia ke arah komersial. Jadi, Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam bukan hanya sekadar ilmu yang harus dipelajari namun juga ilmu yang dapat mendekatkan diri ke masyarakat dalam memberikan kontribusi inovasi dan kreasi.
Dalam acara ini juga disuguhkan hasil inovasi dari Prof. Dr. Titik Taufikurohmah, S.Si., M.Si., yakni pengembangan kosmetik berbahan emas. Menurut Titik, inspirasi dari inovasi yang telah ia kembangkan berasal dari nenek moyang terdahulu, yakni susuk emas. Oleh karena itu, Titik melabeli inovasinya dengan nama “Nano Gold”. Tidak tanggung-tanggung, dalam mengembangkan inovasinya ini, Titik bahkan sudah bekerja sama dengan beberapa pakar di bidangnya, termasuk dalam hal pemasaran di masyarakat. (Humas Unesa)